Piala Liga Inggris

Swansea 0-2 Man United: Jesse Lingard Brilian!

Rabu, 25 Oktober 2017 03:44 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Swansea vs Manchester United. Copyright: © INDOSPORT
Swansea vs Manchester United.

Babak I

Tim tamu langsung tampil menekan sejak kick off dan mendominasi penguasaan bola. Peluang didapat oleh Chris Smalling yang mendapat umpan dari Marcus Rashford di menit kedua. Sayang sundulannya masih melebar jauh dari gawang yang dijaga Kristoffer Nordfeldt.

Empat menit berselang lagi-lagi gawang Swansea terancam. Kali ini Jesse Lingard melancarkan tembakan meski masih melebar dan bisa diamankan. Peluang pertama tuan rumah dilancarkan Alfie Mawson di menit ke-8. Lagi-lagi masih belum mampu menemukan sasaran.

Memasuki menit ke-15, belum ada ancaman nyata yang mampu berbuah gol bagi kedua tim. Victor Lindelof belum mampu menunjukkan performa apik. Ia menjadi titik lemah Setan Merah dengan membiarkan Jordan Ayew melenggang hingga kotak penalti. Untunglah Sergio Romero dengan sigap mengamankan bola.

Man United membuka keunggulan saat Rashford mampu menyampaikan umpan mulus untuk Lingard. Pemain 24 tahun ini pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk melancarkan tembakan dari tepi kotak penalti. Skor 1-0 untuk Setan Merah di menit 21.

Tertinggal, Swansea mencoba menyamakan kedudukan dengan berulang kali menciptakan peluang di menit 30, terutama lewat Oliver McBurnie. Namun lini pertahanan tim tamu masih bisa mengamankan areanya.

Tuan rumah pun menjadi kubu pertama yang melakukan pergantian pemain karena Martin Olsson cedera hamstring. Ia digantikan Kyle Naughton di menit 39. Tim yang sama mendapat kartu kuning perdana juga karena Angel Rangel melanggar Anthony Martial.

Wasit hanya memberikan satu menit tambahan dan papan skor tak berubah hingga babak pertama berakhir. Swansea tertinggal 0-1 dari Man United.

Babak II

Memasuki babak kedua tak ada pergantian pemain dari kubu tuan rumah maupun tim tamu. Tensi pertandingan masih sama seperti di babak pertama, Swansea masih kesulitan menciptakan peluang meski penguasaan bola tak beda jauh.

Menit 59, Lingard kembali menyumbang gol untuk Man United. Umpan apik dari Matteo Darmian langsung disambut sundulan Lingard yang sudah menanti di depan kotak penalti. Skor 0-2 masih untuk keunggulan Setan Merah.

Menit 64, Lingard mendapat kesempatan untuk cetak hattrick di menit 64. Sayang upayanya masih melebar. Untuk menambah daya gedor, Jose Mourinho pun memasukkan Romelu Lukaku dan Nemanja Matic untuk menggantikan Marcus Rashford dan Ander Herrera.

Tak mau kalah, pelatih Paul Clement juga memasukkan andalannya, sang striker muda Tammy Abraham di menit 74. Baru beberapa saat diturunkan, pemain 20 tahun itu sudah membuat Sergio Romero kerepotan. Namun upayanya belum membuahkan gol balasan.

Jelang laga berakhir, tuan rumah masih menggebu untuk mencetak gol balasan. Leroy Fer membuat Romero kewalahan di menit-menit akhir. Namun hingga tambahan waktu 3 menit berakhir, papan skor tak berubah untuk kemenangan Man United 2-0 atas Swansea.

SUSUNAN PEMAIN

Swansea: Kristoffer Nordfeldt, Angel Rangel, Mike van der Hoorn, Mawson, Martin Olsson, Ki Sung-yong, Roque Mesa, Sam Clucas, Wayne Routledge, Jordan Ayew, Oliver McBurnie.
Cadangan: Kyle Naughton, Federico Fernandez, Leroy Fer, Tammy Abraham, Luciano Narsingh, Mulder, Fulton.
Pelatih: Paul Clement

Manchester United: Sergio Romero, Matteo Darmian, Lindelof, Chris Smalling, Daley Blind, Tuanzebe, Ander Herrera, Jesse Lingard, McTominay, Anthony Martial, Marcus Rashford.
Cadangan: Andreas Perreira, Phil Jones, Luke Shaw, Nemanja Matic, Juan Mata, Henrikh Mkhitaryan, Romelu Lukaku.
Pelatih: Jose Mourinho

2.5K