Pasca Cedera Parah, Kiper Timnas U-19 Sudah Bisa Jalan

Kamis, 26 Oktober 2017 14:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Kondisi kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi dikabarkan terus mengalami perubahan pasca operasi pada awal bulan ini. Teranyar, pemain muda milik Barito Putera itu sudah bisa berjalan dengan menggunakan alat bantu.

Kabar itu dikonfirmasi oleh Dokter Timnas U-19, Ifran Akhmad. Ia menjelaskan kalau Riyandi sudah bisa menggerakan kakinya dan berjalan menggunakan kruk atau tongkat penyangga.

"Iya, dia (Riyandi) sudah bisa jalan pakai tongkat," ujar Ifran Akhmad saat dihubungi INDOSPORT.

Meski demikian, tim medis tidak bisa memprediksi kapan Riyandi bisa kembali beraksi di atas lapangan. Ia harus terus menjalani terapi setelah operasi dan dicek tiap minggu untuk melihat sejauh mana pemulihannya.

"Iya butuh waktu sekitar enam bulan untuk sembuh total. Meski sudah ada kemajuan tetapi terlalu dini kita mau bilang dia lebih cepat atau tidak sembuhnya. Semua bergantung pada perkembangan tiap minggunya," urai Dokter Timnas U-19.

© Twitter@my_supersoccer
Muhammad Riyandi tampak sedikit bermasalah dengan tangannya. Copyright: Twitter@my_supersoccerMuhammad Riyandi mengalami cedera parah di Piala AFF U-18 2017 lalu

Sebagai informasi, Riyandi mengalami cedera Complete ACL Tear (Right) dan Tear Meniscus (Right) pada Piala AFF U-18 September lalu di Myanmar. Saat ini, semua pembiayaan terkait operasi dan pemulihannya sudah ditanggung oleh PSSI.

Selain itu, Riyandi juga sudah diinapkan di apartemen untuk menghemat jarak dan waktu apabila ia membutuhkan pertolongan selama masa pemulihan. Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Riyandi di Timnas U-19, pelatih Indra Sjafri kemudian memutuskan memanggil dua kiper baru yakni Rakasurya Handika dari Jawa Tengah dan Adi Satrio dari Banten.

1.3K