Bosan Duopoli Barcelona dan Real Madrid, Copa del Rey Patut Contoh Piala Liga Inggris

Sabtu, 28 Oktober 2017 03:41 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Copa del Rey atau Piala Raja Spanyol adalah sebuah kompetisi tahunan untuk klub-klub sepakbola di Spanyol yang sudah berlangsung sejak tahun 1903.

Banyak pihak yang mengkritik dan menganggap jika turnamen tahunan ini sangat membosankan karena pemenangnya didominasi oleh Barcelona dan Real Madrid sejak tahun 2010 yang lalu. Barcelona sendiri sudah memenangi 29 trofi sedangkan Real Madrid sudah mengantongi 19 trofi.

Para suporter seakan sudah cukup bosan menyaksikan La Liga yang juga diduopoli oleh Blaugrana dan El Real, mereka kini menginginkan pengurus tertinggi sepakbola Spanyol untuk mengubah format yang digunakan agar lebih banyak tim yang berpotensi menjadi juara.

Format home-away yang mereka gunakan saat ini dapat membuat klub besar yang sudah kalah dapat memperbaiki performa mereka di leg kedua dan berakibat membuat klub pemenang pertama gagal melaju ke babak selanjutnya.

© Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Tim Barcelona tengah melakukan foto bersama sebagai juara Copa Del Rey. Copyright: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty ImagesTim Barcelona tengah melakukan foto bersama sebagai juara Copa Del Rey.

Para pemerhati dan pecinta sepakbola menginginkan Copa del Rey mencontoh Inggris dengan Piala Liga nya yang menggunakan sistem knock-out di babak 16 besar di mana tidak ada kesempatan kedua untuk klub yang kalah untuk melaju ke babak selanjutnya.

Dengan format yang lebih membuka kesempatan untuk lebih banyak tim, sudah dipastikan Piala Raja Spanyol akan menghadirkan lebih banyak keseruan, lebih banyak penonton serta dapat membuat kejutan melalui permainan klub-klub di luar divisi utama yang menonjol sebagai underdog.

808