Messi Jadi Dalang di Balik Penurunan Performa Barcelona?

Selasa, 31 Oktober 2017 20:07 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Lionel Messi. Copyright: © INDOSPORT
Lionel Messi.

Meskipun ditinggal oleh salah satu pemain andalan, yaitu Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain, Barcelona masih bisa memulai musim ini dengan torehan yang baik. Menilik catatan di La Liga Spanyol 2017/18, Barca mampu merajai klasemen sementara dengan torehan 28 poin, hasil sembilan kemenangan, satu hasil imbang, dan belum merasakan kekalahan.

Ada pun di laga penyisihan Grup D Liga Champions, anak asuh Ernesto Valverde mampu menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan sembilan poin dari hasil tiga kemenangan. Walaupun hingga saat ini Blaugrana mampu mencatatkan hasil positif, performa mereka dinilai tidak semaksimal seperti biasanya.

© INDOSPORT
Barcelona Merayakan Gol saat Melawan Bilbao Copyright: INDOSPORTPara pemain Barcelona.

Pundit asal Spanyol, Guillem Balague pun menilai bahwa menurunnya keperkasaan Barcelona disebabkan karena Lionel Messi. Menurut Balague, pemain megabintang itu menjadi alasan mengapa Barca bermain tidak spektakuler pada musim ini lantaran perubahan posisi dirinya memengaruhi performa Luis Suarez.

"Barcelona sangat mengesankan dalam hal pertahanan. Semua orang bekerja sangat keras tanpa bola dan mereka hanya kemasukan tiga bola hingga ini (La Liga Spanyol). Namun, sepakbola mereka tidak spektakuler dan ada beberapa alasan," ucap Balague yang juga merupakan seorang jurnalis, sebagaimana diberitakan Daily Star (31/10/17).

"Mereka bermain tanpa winger, yang mana memberikan kekuatan tambahan di area pusat. Dengan sedikit ruang untuk bekerja, permainan mereka menjadi lebih keras dan Luis Suarez menderita. Kini, Lionel Messi bermain lebih ke tengah, Suarez bergerak lebih melebar. Itu bukanlah tempat natural untuknya."

© INDOSPORT
Lionel Messi. Copyright: INDOSPORTLionel Messi.

Namun meskipun begitu, Balague turut menilai bahwa semua orang senang dengan pekerjaan dan metode yang diterapkan oleh pelatih Ernesto Valverde.

"Faktor-faktor ini berarti sepakbola Barcelona telah bergeser tetapi semua orang senang dengan Ernesto Valverde dan terutama dengan hasilnya," tutupnya.

© INDOSPORT
Lionel Messi dan Luis Suarez. Copyright: INDOSPORTLionel Messi dan Luis Suarez.

Sedikit informasi, Barcelona akan bertandang ke markas Olympiakos Piraeus untuk melakoni laga keempat babak penyisihan Grup D Liga Champions, Rabu (01/11/17) dini hari WIB.

386