Patuhi Kesepakatan, Viking Takkan Dampingi Persib di Solo

Rabu, 1 November 2017 16:12 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Agus Dwi Witono
© Gema Trisna Yudha/Indosport
Yana Umar, dirigen viking persib fans club Copyright: © Gema Trisna Yudha/Indosport
Yana Umar, dirigen viking persib fans club

Viking Persib Club (VPC) dipastikan tidak akan datang ke Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/11/17) saat Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta pada pertandingan tandang Gojek Traveloka Liga 1 2017. Hal itu dikatakan langsung oleh Dirijen Viking, Yana Umar.

Menurut Yana, organisasinya tidak akan mendampingi tim Maung Bandung pada pertandingan tandang tersebut. Mereka mematuhi kesepakatan seperti pada putaran pertama saat The Jakmania tidak datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung di laga tandang Persija. 

© Arif Rahman/INDOSPORT
Situasi Bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSituasi Bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat.

"Kita komitmen dengan kesepakan sebelumnya. Putaran pertama The Jak enggak datang ke Bandung. Kita juga tidak akan datang ke sana, mengormati kesepakatan," kata Yana di toko Viking Original Merchandise (VOM), Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (01/11/17).

Yana juga menghimbau kepada anggota Viking maupun Bobotoh lainnya tidak memaksakan hadir ke Stadion Manahan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Viking Distrik Solo juga tidak akan memberikan fasilitas kepada Bobotoh yang memaksakan diri berangkat ke Solo.

"Kalau yang memaksakan itu di luar tanggung jawab kita, kita juga sudah memberi tahu dan menghimbau. Viking Solo saja tidak akan datang, tidak akan tanggung jawab, dan tidak akan memfasiltasi untuk mencari tiket demi kenyamanan," tegas Yana. 

Mengenai venue pertandingan yang berlangsung di Solo, Yana mengaku tidak mengetahui alasan pastinya. Menurutnya hal itu merupakan wewenang Panpel tuan rumah dan pihak keamanan. Namun, menurut sang dirijen, bermain di mana pun menghadapi Persija bukan masalah baginya.

"Kalau masalah tempat, itu kan urusannya Panpel Persija, jadi kita enggak tahu apa-apa. Terus, main di Solo atau di Bekasi juga sebenarnya bukan masalah untuk Persib," jelasnya. 

426