Wajah Timnas Indonesia Jika Diisi Aroma Naturalisasi

Kamis, 2 November 2017 15:53 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT
Sandy Walsh pemain KRC Genk calon naturalisai Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Sandy Walsh pemain KRC Genk calon naturalisai Timnas Indonesia.

Ilija Spasojevic yang baru saja resmi menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI) langsung mengutarakan niat besarnya untuk berseragam Timnas Indonesia. Spaso, sapaan akrabnya, bahkan mengaku sudah menampik keinginan Montenegro, negara kelahirannya, demi membela Skuat Garuda.

Keinginan pemain yang kini membela Bhayangkara FC tersebut kini selangkah lebih dekat untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Pasalnya, Timnas Indonesia masih menyisakan sejumlah agenda seperti Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018 tahun depan.

© Facebook/Walsh.Sandy.14
Sandy Walsh saat melakukan aksi salto. Copyright: Facebook/Walsh.Sandy.14Sandy Walsh saat melakukan aksi salto.

Tak berselang lama, Sandy Walsh, anak muda Belgia yang masih menyisakan darah Indonesia mengutarakan keinginannya untuk berseragam Merah-Putih. Niat ini kemudian disambut baik oleh PSSI yang ingin menyegerakan proses naturalisasinya.

Situasi ini semakin membawa Indonesia mengulang demam naturalisasi yang sempat terjadi pada periode 2010-2014 silam. Tak kurang dari 11 pemain telah menjalani proses naturalisasi dan sempat menjadi bagian dari Skuat Garuda.

Belum lagi sejumlah talenta yang masih 'dibujuk' untuk kembali ke Tanah Air dan menjadi Warga Negara Indonesia. Hal ini akan semakin menegaskan aroma 'asing' pada Timnas Indonesia kelak.

Jika proyek ini lengkap, maka Indonesia akan memiliki skuat yang cukup mumpuni dengan hanya bermodal pemain naturalisasi. Berikut deretan Skuat Garuda yang beraroma naturalisasi hasil rangkuman INDOSPORT:

4.8K