Cerita Timnas Korea Selatan yang Terintimidasi ‘Pemain ke 12’ Indonesia

Minggu, 5 November 2017 07:55 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© PSSI/Bandung Saputra
Duel Pemain Indonesia U-19 vs Korea Selatan. Copyright: © PSSI/Bandung Saputra
Duel Pemain Indonesia U-19 vs Korea Selatan.

Pelatih Timnas Korea Selatan U-18, Chung Jung-yong, mengungkapkan jika timnya sempat merasa frustrasi karena suporter. Alih-alih mendapat dukungan penuh suporter karena bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Korea Selatan justru harus menerima kenyataan karena tribun penonton dipenuhi pendukung Skuat Garuda Nusantara.

Pertandingan yang digelar di akhir pekan membuat Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Korea Selatan akhirnya menyesaki Paju Stadium untuk menonton Timnas U-19. Hal tersebut membuat pendukung Indonesia yang datang ke Indonesia justru lebih banyak ketimbang tim tuan rumah.

"Babak pertama membuat kami agak frustrasi karena tribun penonton dipenuhi suporter Indonesia dan bukan suporter kami," ujar pelatih Korsel, Chung Jung-yong, di situs resmi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

"Jadi, saat turun minum saya mendorong para pemain untuk percaya diri. Untungnya kami bisa mencetak lebih banyak gol dan lebih banyak menguasai bola dengan memainkan Kim Jung-min setelah kami menggandakan keunggulan," tambahnya.

© Istimewa
Jeong Jung-yong, Copyright: IstimewaJeong Jung-yong,

Hadir ke stadion, para suporter Indonesia tampak memberikan dukungan penuh dan nyanyian untuk  mendukung Egy Maulana Vikri dkk. Namun sayang, dalam laga tersebut Timnas U-19 belum mampu mempersembahkan kemenangan.

Kemenangan Korea Selatan atas Indonesia membuat mereka kini memuncaki klasemen sementara Grup F dengan torehan enam poin. Disusul oleh Malaysia dan Indonesia di peringkat selanjutnya yang juga mengoleksi enam poin.

© PSSI/Bandung Saputra.
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai cetak gol ke gawang Timor Leste U-19. Copyright: PSSI/Bandung Saputra.Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai cetak gol ke gawang Timor Leste U-19.
1.5K