Kualifikasi Piala Asia U-19 2018

Pelatih Malaysia U-19: Kemenangan atas Indonesia Sangat Istimewa

Senin, 6 November 2017 18:37 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fourfourwo
Pelatih Malaysia U-19, Bojan Hodak. Copyright: © Fourfourwo
Pelatih Malaysia U-19, Bojan Hodak.

Pelatih Timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak mengaku gembira usai menumbangkan Indonesia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Ia mengatakan bahwa ini merupakan kemenangan yang luar biasa.

Pasalnya, Indonesia menghabiskan waktu di Eropa untuk bersaing di turnamen dan menjalani pertandingan persahabatan.  Hal itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan kualifikasi kali ini.

Indonesia memang memilki waktu delapan bulan dalam mempersiapkan diri untuk bersaing di ajang ini, lebih banyak dibandingkan dengan Malaysia. Sedangkan Hodak hanya punya waktu tiga minggu, karena beberapa pemainnya masih memiliki komitmen di liga domestik.

Hal itulah yang membuat Hodak mengatakan bahwa kemenangan ini sangat istimewa baginya. “Ini adalah kemenangan yang bagus karena pemain Indonesia terekspos di Eropa,” ujar Hodak.

© PSSI
Pemain Garuda Nusantara tengah mengontrol bola dari pemain Malaysia. Copyright: PSSIPemain Garuda Nusantara tengah mengontrol bola dari pemain Malaysia.

Selain itu, Indonesia juga memilki jeda istirahat yang sangat sedikit, mengingat Garuda Nusantara sudah menyelesaikan putaran penyisihan Grup F usai ditumbangkan Malaysia 1-4.

Hasil ini pun dimanfaatkan Hodak untuk mencari kelemahan di skuat Indonesia. “Kami secara taktis sangat kuat. Saya mempelajari Indonesia melalui video dari pertandingan sebelumnya dan merencanakan taktik sesuai pelatihan,” tutup pelatih berusia 46 tahun itu.

133