5 Liga Sepakbola Termahal di Asia Tenggara, Liga 1 Indonesia Urutan Berapa?

Kamis, 9 November 2017 16:30 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kompetisi Liga di Asia Tenggara. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kompetisi Liga di Asia Tenggara.

Sepakbola merupakan cabang olahraga yang digandrungi banyak orang di planet bumi ini. Tak sekadar menjadi cabang olahraga, sepakbola telah terbentuk sebagai hiburan masyarakat di tengah hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Mayoritas masyarakat tanpa pandang bulu atau SARA (Suku, Ras, Antar Golongan) sangat menyukai sepakbola.

Berbicara tentang sepakbola dunia, tentu orang akan mengacu pada Eropa dan Amerika Selatan. Maklum saja, karena banyak pemain-pemain kelas dunia berasal dari negara-negara Latin dan Benua Biru.  Jika Argentina dan Brasil selama ini selalu menjadi kekuatan sepakbola dunia dari Amerika Selatan, Eropa sudah ada Spanyol, Jerman, Italia, Prancis, dan Jerman yang kerap merasakan tinta emas di kejuaraan dunia bal-balan. 

Bahkan Eropa bisa dikatakan bak kiblat sepakbola saat ini. Para pemain terbaik dunia berbondong-bondong ke Benua Biru untuk mengejar gengsi, uang, dan pengalaman menimba ilmu dalam kompetisi yang ketat.

© Nakhonratchasima Mazda F.C.
Victor Igbonefo Copyright: Nakhonratchasima Mazda F.C.Aksi Victor Igbonefo di Liga Thailand.

Lantas bagaimana dengan sepakbola Asia, khususnya Asia di bagian Tenggara? Harus diakui kompetisi sepakbola Asia Tenggara masih yang terlemah baik di tim nasional maupun di klub jika mengambil tolak ukur benua Asia sebagai perbandingan. Sulitnya bersaing di level tertinggi menjadi bukti.

Meski begitu, sepakbola Asia Tenggara kini mulai berbenah dan perubahan sejak level klub yang notabene merupakan fundamental penting sebagai cikal bakal untuk memiliki tim nasional yang tangguh. 

© Gregah/INDOSPORT
Liga 1. Copyright: Gregah/INDOSPORTLiga 1.

Liga-liga sepakbola di Asia Tenggara mulai mempercantik diri karena insan-insan lokal mulai sadar bahwa sepakbola bukan lagi hanya sekadar olahraga, melainkan punya potensi yang bisa lebih dikembangkan dari sisi bisnis, politik maupun sejumlah kepentingan tertentu lainnya. Dan apabila semua itu dikelola dengan cara yang tepat maka hasilnya pun bisa menghadirkan dampak positif.

Berikut INDOSPORT merangkum 5 liga sepakbola termahal di Asia tenggara yang memiliki total nilai pasar tertinggi sepanjang tahun 2017 yang dihimpun dari data Transfermarkt.

227