Berstatus Bintang Dunia, Deretan Marquee Player Ini Malah Meredup di Liga 1 Indonesia

Kamis, 9 November 2017 15:40 WIB
Editor: Irfan Fikri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kiri-kanan: Anmar Almubaraki, Carlton Cole, Didier Zokora. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kiri-kanan: Anmar Almubaraki, Carlton Cole, Didier Zokora.

Gelaran Liga 1 tahun 2017 hampir rampung, banyak hal telah terjadi pada gelaran tahun ini. Selain melahirkan calon juara baru, beberapa pemain hebat yang pernah membela tim besar dunia pun ikut meramaikan gelaran liga 1 tahun 2017.

Sejumlah syarat ditetapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk marquee player, salah satunya pemain harus terdaftar di skuat tim nasional di salah satu dari tiga putaran final Piala Dunia terakhir (Piala Dunia 2006 (Jerman), 2010 (Afrika Selatan), dan 2014 (Brasil).

Dan jika  tak masuk dalam kategori syarat pertama, para bintang dunia tersebut harus pernah bermain di liga bergengsi Eropa dalam kurun waktu delapan tahun terakhir (2009-2017).

Sebut saja Michael Essien, mantan bintang Chelsea dan Real Madrid ini menjadi sorotan di awal musim usai bergabung dengan Persib.

Dengan berstatus sebagai marquee player, para mantan bintang dunia ini diberi kekhususan berupa statusnya yang di luar slot pemain asing. S

Namun, selain Essien, beberapa pemain yang pernah membela klub di liga-liga top Eropa dan bermain di Liga 1, atau sering disebut marquee player tak semuanya berhasil membuktikan kualitasnya. Padahal uang yang dikeluarkan klub untuk menggaji mereka tidak sedikit.

Dan berikut 5 marquee player berkelas dunia yang gagal bersinar di Liga 1 Indonesia musim ini.  

165