Piala Asia U-19 2018

Timnas Indonesia U-19 di Pot 1, Ini Daftar Drawing Piala Asia U-19 2018

Kamis, 9 November 2017 16:30 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Timnas Indonesia U-19. Copyright: © INDOSPORT/Abdurrahman.R
Timnas Indonesia U-19.

Pada 18 Oktober 2018 mendatang, putaran final Piala Asia U-19 akan dimulai. Sejumlah 16 negara terbaik di dataran Asia pun akan segera menunggu hasil drawing pembagian grup. Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) pun telah merilis merilis daftar negara-negara yang akan menempati empat pot drawing, guna menentukan berada di grup mana mereka dalam fase penyisihan grup Piala Asia U-19 2018.

Timnas Indonesia U-19 yang berstatus tuan rumah dipastikan akan menghuni pot pertama bersama juara bertahan Jepang, Arab Saudi, dan Vietnam. Sementara juara Piala AFF U-18 2017, Thailand, hanya menempati pot ketiga bersama Australia, Qatar, dan China.

© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-19 saat menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum pertandingan dimulai. Copyright: PSSISkuat Timnas Indonesia U-19 saat menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum pertandingan dimulai.

Kans Timnas Indonesia U-19 untuk bertemu kembali dengan dua rival mereka di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 terbuka lebar. Malaysia yang berhasil mengalahkan Timnas U-19 berada di pot 4, sementara Korea Selatan yang menaklukkan Egy Maulana dan kawan-kawan dengan skor 4-0 menempati pot 2.

Putaran final Piala Asia U-19 dijadwalkan pada 18 Oktober 2018 hingga 4 November 2018 mendatang. Ada lima stadion di Indonesia yang akan digunakan sebagai venue pertandingan, salah satunya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Ada lima stadion yang kami siapkan, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Patriot Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, serta Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung," kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Indonesia (Tuan Rumah), Uni Emirat Arab (Juara Grup A), Tajikistan (Juara Grup B), Qatar (Juara Grup C), Arab Saudi (Juara Grup D), Yordania (Juara Grup E), Korea Selatan (Juara Grup F), China (Juara Grup G), Vietnam (Juara Grup H), Jepang (Juara Grup I), Australia (Juara Grup H), Irak (Runner up Terbaik Dari Grup C), Malaysia (Runner up Terbaik Dari Grup F),  Taiwan (Runner up Terbaik Dari Grup H), Thailand ( Runner up Terbaik Dari Grup I), dan Korea Utara (Runner up Terbaik Dari Grup J).

292