Jepang 1-3 Brasil: Tim Samba 'Gagahi' Samurai Biru

Jumat, 10 November 2017 21:07 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT
Hasil pertandingan Jepang vs Brasil. Copyright: © INDOSPORT
Hasil pertandingan Jepang vs Brasil.

Babak Pertama

Sejak peluit panjang dibunyikan, Brasil langsung menekan pertahanan Jepang. Bahkan anak asuh Tite berusaha mengatur tempo permainan guna memecah pertahanan Samurai Biru.

Pertandingan baru berjalan 10 menit, tim tamu sudah unggul duluan berkat gol yang dilesakan oleh Neymar lewat titik putih usai Fernandinho dilanggar di kotak terlarang.

Bahkan Brasil kembali unggul pada menit ke-17 setelah sepakan keras Marcelo dari luar kotak penalti Jepang berhasil merobek jala Kawashima. Gol tersebut tak lepas dari salahnya sapuan para bek Jepang.

Unggul 2-0 tak membuat Neymar dan kolega mengendurkan serangannya. Pada menit ke-36 saja, Gabriel Jesus berhasil membuat Tim Samba berada diatas angin setelah menerima umpan matang dari Danilo.

Jepang yang hanya mengandalkan serangan balik dibuat tak berdaya oleh keperkasaan Brasil. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, skor masih 3-0 untuk Brasil.

Babak Kedua

Usai jeda turun minum, Brasil mencoba untuk langsung menekan kembali pertahanan Jepang seperti babak pertama. Permainan individu yang menawan dari para pemain Brasil terus diperagakan guna menguasai jalannya pertandingan.

Keasyikan menyerang, justru gawang Brasil kebobolan pada menit ke-63. Berawal dari sepak pojok yang dilesakkan oleh Ideguchi berhasil disambar dengan manis oleh Makino. Skor menjadi 3-1.

Pertandingan pun berjalan mulai dengan tempo yang hati-hati dari Brasil. Namun itu menjadi kesempatan untuk Jepang melancarkan serangan-serangan ke pertahanan anak asuh Tite.

Bahkan hingga 10 menit terakhir babak kedua, permainan kedua tim berlangsung sangat alot. Sampai wasit Benoit Bastein meniup peluit panjang, skor tetap 3-1 untuk Brasil.

Susunan Pemain
Jepang (4-2-3-1)

Kawashima; Sakai, Yoshida, Makino, Nagatomo; Hasebe, Yamaguchi; Kubo, Ideguchi, Haraguchi; Osako.

Brasil (4-3-3)
Alisson; Danilo, Thiago Silva, Jemerson, Marcelo; Fernandinho, Casemiro, Giuliano; Neymar, Wilian, Gabriel Jesus.

180