PSSI Minta Pemain Timnas U-19 Tidak Galau Terkait Nasib Indra Sjafri

Sabtu, 11 November 2017 17:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha dalam jumpa konferensi pers. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha dalam jumpa konferensi pers.

Rumor berakhirnya kerja sama Indra Sjafri untuk menangani Timnas Indonesia U-19 sempat membuat anak asuhnya merasakan kesedihan yang mendalam. Secara serentak sejumlah pemain itu mengunggah foto kebersamaan mereka dengan Indra. 

Para pemain yang diketahui mengunggah postingan kebersamaan mereka dengan sang pelatih tersebut antara lain Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafly, Raka Surya, dan Witan Sulaiman. Menariknya semua foto yang diunggah ke Instagram masing-masing pemain memiliki caption yang serupa.

Kegalauan para pemain muda itu pun ditanggapi dengan serius oleh PSSI. Sekjen PSSI, Ratu Tisha menegaskan agar pemain tidak bersikap berlebihan. Mereka (pemain Timnas U-19) harus menunjukkan sikap dewasa sebab usia mereka bukan lagi anak-anak yang harus terus dituntun. Apalagi, selama ini mereka telah belajar untuk bekerja keras dan jatuh bangun di lapangan untuk meraih meraih kemenangan. 

"Saya akan biarkan era informasi dan era digitalisasi versus kedewasaan manusia. Ketika terima suatu hal, apa kita bisa dewasa menelaahnya. Anak-anak galau itu kan mereka sedang berperang dengan kedewasaannya," tegas Ratu Tisha.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha dalam jumpa konferensi pers. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha dalam jumpa konferensi pers.

"Silakan mereka berperang dengan kedewasaan. Kami membina bukan 1-2 tahun tapi ini anak-anak ini 17-19 tahun jadi bagi saya itu bukan baru tapi sudah 17 tahun. Ini agar pemain menjadi lebih dewasa dan saat bertempur di lapangan bisa menerima baik menang maupun kalah dan biarkan mereka berjibaku dan menghargai setiap usaha," sambungnya.

Sebagai informasi, nasib Indra Sjafri bersama Timnas U-19 dipastikan tetap aman sebab tidak ada pembicaraan mengenai pemutusan kontrak pelatih 54 tahun itu. Akan tetapi dalam rapat exco PSSI, Jumat (10/11/17) kemarin, PSSI ingin memanggil Indra Sjafri dan Fakhri Husaini selaku pelatih Timnas U-16 untuk dimintai keterangan soal perkembangan Timnas pada pekan depan.

© PSSI/Bandung Saputra
Pelatih Timnas Indonesua U19, Indra Sjafri. Copyright: PSSI/Bandung SaputraPelatih Timnas Indonesua U19, Indra Sjafri.

"Hasil rapat exco hanya disepakati untuk memanggil coach Indra dan Fakhri di pekan depan. Dan hanya sampai di situ tidak ada hal lain," tegas Tisha. 

75