Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 Jadi Rekor Tersendiri bagi 4 Negara Arab

Minggu, 12 November 2017 15:16 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Abdurrahman Ranala
© Mikhail Pochuyev\TASS via Getty Images
Logo Piala Dunia 2018 Rusia. Copyright: © Mikhail Pochuyev\TASS via Getty Images
Logo Piala Dunia 2018 Rusia.

Hingga Minggu (12/11/17), tercatat sudah ada 26 negara yang dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Terbaru, ada tiga negara yang berhasil mengamankan satu tempat di Rusia, yaitu Senegal, Maroko, dan juga Tunisia.

Senegal berhasil lolos dari babak kualifikasi sebagai pemuncak klasemen Grup D Zona Afrika dengan mengumpulkan 11 poin. Sementara Maroko menjadi pemuncak klasemen Grup C Zona Afrika dengan torehan 12 poin dan juga Tunisia mengamankan posisi puncak klasemen Grup A Zona Afrika berkat raihan 14 poin.

Catatan positif yang dirasakan oleh Maroko dan Tunisia nyatanya membuat rekor tersendiri bagi empat negara Arab.

© INDOSPORT
Timnas Maroko lolos ke Piala Dunia 2018. Copyright: INDOSPORTTimnas Maroko lolos ke Piala Dunia 2018.

Pasalnya, pada kompetisi akbar dunia tahun depan itu menjadi pertama kalinya bagi empat negara Arab yang bisa tampil di Piala Dunia, yakni Maroko, Tunisia, Mesir, dan Arab Saudi. Sedikit informasi, Arab Saudi serta Mesir sendiri sudah terlebih dahulu mendapatkan satu tiket untuk unjuk gigi di Piala Dunia 2018.

Mesir sendiri terakhir kali berlaga di Piala Dunia pada 1990 silam, sementara Tunisia dan Arab Saudi terakhir kali merasakan atmosfer di kompetisi akbar dunia itu pada 2006 lalu. Ada pun Maroko yang terakhir kali tampil pada Piala Dunia 1998 lalu.

Namun kini, keempat negara Arab itu berhasil lolos dari babak Kualifikasi Piala Dunia secara bersamaan untuk pertama kalinya dan akan kembali berjibaku di Rusia pada 2018 mendatang.

 

Four Arab countries have qualified for the same World Cup for the very first time 🇸🇦🇲🇦🇪🇬🇹🇳

A post shared by Bleacher Report Football (@brfootball) on

29