LIGA 1

Deretan Duka yang Mengiringi Sepakbola Indonesia Musim Ini

Senin, 13 November 2017 19:05 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dereta Suporter dan Pemain Yang Meninggal Dunia di Sepakbola Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dereta Suporter dan Pemain Yang Meninggal Dunia di Sepakbola Indonesia.

Gojek Traveloka Liga 1 musim 2016/17 telah resmi berakhir, dengan memunculkan Bhayangkara FC sebagai jawaranya, usai memuncaki klasemen akhir dengan torehan 68 poin.

Keputusan-keputusan kontroversial mengiringi perjalanan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut. Salah satunya keputusan kontroversial yang paling heboh adalah diberikannya kemenangan WO Bhayangkara atas Mitra Kukar.

Hal tersebut dikarenakan Naga Mekes memainkan Mohammed Sissoko yang seharusnya tidak boleh tampil karena hukuman Komisi Disiplin (Komdis), sehingga Mitra Kukar dinyatakan kalah dan bersalah.

© FourFourTwo
Choirul huda Copyright: FourFourTwoChoirul huda

Selain keputusan kontroversial, perjalanan Liga 1 dan Liga 2 juga beberapa kali warnai dengan duka cita seperti tewasnya beberapa pemain dan juga suporter, yang menjadi catatan hitam dalam gelaran perdana kompetisi pasca dibekukan oleh pemerintah.

Yang terbaru adalah meninggalnya seorang The Jakmania bernama Rizal, usai menyaksikan laga Bhayangkara FC kontra Persija pada Minggu (12/11/17). 

Hal ini terjadi ketika korban hendak pulang dari Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apa penyebab Rizal meninggal dunia. Berikut INDOSPORT coba merangkum sekaligus mengingat kembali beberapa duka yang terjadi di Liga 1:

93