Selain Italia, Tim Besar Ini Juga Pernah Absen di Piala Dunia

Selasa, 14 November 2017 05:57 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Timnas Italia dan Piala Dunia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Timnas Italia dan Piala Dunia.

Secara mengejutkan Timnas Italia gagal untuk tampil di ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal tersebut tak lepas dari kekalahan yang mereka terima dari Swedia dengan agregat 0-1.

Pada Sabtu (11/11/17) lalu, Gli Azzurri menelan kekalahan 0-1 ketika melakoni laga leg pertama di Friends Arena, Swedia. Gol tunggal Jakob Johannsson di menit 61 tak mampu dibalas oleh Andrea Belotti dkk hingga pertandingan usai.

Kini pada Selasa (14/11/17) dini hari WIB, para pencinta sepakbola Italia pun menaruh harapan kepada anak asuh Giampiero Ventura untuk dapat mengembalikkan keadaan. Bermain di San Siro, Timnas Italia tampak bermain penuh percaya diri.

Namun sayang, ketatnya lini pertahanan Swedia tak mampu ditembus oleh pasukan Gli Azzurri. Terlepas dari berbagai keputusan kontroversial sang pengadil lapangan, Antonio Mateu, kredit memang layak diberikan kepada pertahanan Swedia yang mampu menahan gebrakan tuan rumah.

© -
Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia. Copyright: -Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia.

Hal tersebut pun membuat Italia untuk kali pertama sejak 1958, atau lebih tepatnya 60 tahun yang lalu, untuk gagal tampil di ajang Piala Dunia. Sebuah hal yang menyakitkan, mengingat Italia sebelumnya hanya absen dua kali di ajang Piala Dunia, yakni di tahun 1930 dan 1958.

Namun Italia tak sendiri. Sebelumnya telah ada beberapa tim besar yang juga sempat absen dalam pagelaran Piala Dunia. Selain Belanda, Wales, dan Chile yang absen dalam pagelaran Piala Dunia 2018, berikut INDOSPORT rangkum beberapa tim besar yang absen dari Piala Dunia dari tahun ke tahun disaat banyaknya nama-nama pemain bintang di dalamnya.

689