Liga 1

Bhayangkara Juara Liga 1, tapi Persib Juara di Tempat Lain

  • Kompetisi sepakbola Indonesia yang bernama Gojek Traveloka Liga 1 saat ini telah berakhir, tepatnya pada 12 November 2017 lalu.
  • Berikut ini adalah klub-klub yang paling banyak dibicarakan di media sosial Twitter sejak awal hingga akhir liga.
Selasa, 14 November 2017 18:14 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Youtube
Ilustrasi pemenang Liga 1 Indonesia. Copyright: © Youtube
Ilustrasi pemenang Liga 1 Indonesia.

Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 sudah berakhir pada Minggu (12/11/17) lalu. Bhayangkara FC keluar sebagai jawara setelah mengoleksi 68 poin. Terlepas dari berbagai isu dan kontroversi yang mewarnai jalannya Liga 1, publik masih membicarakannya di berbagai kesempatan, termasuk melalui Twitter.

Aplikasi Twitter. Copyright: IstimewaAplikasi Twitter.

Para pencinta sepakbola Indonesia tak segan untuk saling berinteraksi satu sama lain dengan pengguna Twitter lainnya. Bahkan berbagi keseruan maupun kesedihan kepada para pengikutnya melalui Twitter.

Twitter memang menjadi sarana berbagi informasi yang begitu cepat. Bahkan tak jarang berbagai tagar muncul jika salah satu dari klub sepakbola lokal mengalami sebuah masalah.

Di bawah ini adalah beberapa data menarik terkait percakapan tentang Liga 1 di media sosial Twitter yang dirilis @TwitterID sejak Liga ini dimulai bulan April lalu (15 April–12 November 2017).

Persib Bandung menjadi urutan teratas. Hal itu bisa dilihat dari jumlah para pengikutnya di akun @persib yang mencapai 3,2 juta orang pengguna Twitter.

Lalu di posisi kedua ada Persija Jakarta (@Persija_jkt) yang memiliki jumlah penggemar mencapai 2,28 juta orang. Arema FC (@AremafcOfficial) yang berada di urutan ketiga juga memiliki pengikut sebanyak 1 juta pengguna Twitter.

Logo Liga 1. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1Logo Liga 1.

Di posisi keempat ada salah satu klub yang dibela oleh almarhum Choirul Huda, yakni Persela Lamongan (@PerselaFC). Laskar Joko Tingkir memiliki 181 ribu pengikut di akun Twitternya.

Lalu yang terakhir ada Bali United (@BaliUtd). Klub berjuluk Serdadu Tridatu itu memiliki pengikut lebih banyak dari Persela, yakni 375ribu orang.