Piala Dunia 2018

Ikuti Jejak Buffon, De Rossi: Ini Momen Gelap Sepakbola Italia

Selasa, 14 November 2017 16:49 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Galih Prasetyo
© Getty Image
Daniele De Rossi beberapa kali gagal menuntaskan peluang. Copyright: © Getty Image
Daniele De Rossi beberapa kali gagal menuntaskan peluang.

Tim Nasional (Timnas) Italia harus merasakan kenyataan pahit usai dipastikan gagal tampil di Piala Dunia 2018. Kepastian itu didapatkan pasca kalah agregat 0-1 dari Timnas Swedia di babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Tim langganan Piala Dunia itu harus kembali merasakan kegagalan tampil di kompetisi elite dunia itu sejak terakhir kali merasakannya pada 1958 silam. Usai kekalahan itu, pemain Daniele De Rossi pun memutuskan untuk pensiun dari karier internasionalnya itu.

© -
Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia. Copyright: -Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia.

"Ini merupakan momen yang gelap bagi sepakbola kami, sangat gelap bagi kami yang merupakan bagian dari era dua tahun ini. Akan ada waktu untuk mengevaluasi semuanya, tapi saya pikir satu-satunya yang saya katakan sekarang ialah untuk membangun semangat yang ditunjukkan para pemuda hari ini dan keinginan untuk ambil bagian dalam petualangan ini," ungkap pria berusia 34 tahun itu, dilansir dari Sport Bible (14/11/17).

"Kami akan mulai lagi, seperti yang kami lakukan setelah momen-momen menyedihkan lainnya. Saya tidak percaya bahwa kami pantas keluar setelah mempertimbangkan 180 menit. Swedia pantas mendapat pujian atas penampilan mereka."

"Sekarang, generasi berikutnya siap untuk tampil dan kami harus mulai lagi dari mereka. Ini adalah saat yang tidak masuk akal untuk diasosiasikan dengan pertandingan sepakbola. Ada suasana menyedihkan (seperti saat proses pemakaman) di ruang ganti, tetapi tidak ada yang meninggal," lanjut pemain AS Roma itu.

"Saya telah berkeliaran di sekitar Coverciano (tempat latihan) dan di seluruh dunia dengan kemeja ini selama lebih dari satu dekade. Jadi, untuk melepasnya untuk yang terakhir kalinya akan menjadi perasaan aneh. Materinya ada di sana dan kami bisa membangun untuk masa depan," tutupnya.

© Indosport.com
Daniele De Rossi bersama Rekan Timnas Italia. Copyright: Indosport.comDaniele De Rossi bersama rekan Timnas Italia.

Sedikit informasi, setelah 13 tahun mengenakan jersey kebanggaan Gli Azzurri, gelandang legendaris itu sudah ikut memperkuat Timnas sepanjang 117 laga pertandingan dengan menyumbangkan 21 gol. Kini, Timnas Italia akan kembali kehilangan pemain andalannya, usai kiper Gianluigi Buffon juga memutuskan untuk gantung sepatu.

31