Mengenal Jakob Johansson, Aktor 'Pembunuh' Italia ke Piala Dunia 2018

Selasa, 14 November 2017 11:43 WIB
Editor: Joko Sedayu
© Getty Images
Jakob Johansson (Swedia). Copyright: © Getty Images
Jakob Johansson (Swedia).

Timnas Swedia berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah berhasil mengalahkan Timnas Italia dengan total agregat 1-0. Hal itu diraih Swedia setelah Italia hanya mampu bermain imbang 0-0 saat laga digelar di Stadion San Siro, Milan, Selasa (14/11/17) dini hari WIB.

Lolosnya Swedia dengan menyingkirkan Italia adalah sebuah kejutan besar yang terjadi menjelang bergulirnya Piala Dunia 2018 mendatang. Fakta tersebut tak lepas dari nama besar dan prestasi yang telah diraih Timnas Italia di ajang Piala Dunia.

Tidak lolosnya Italia juga ditentukan setelah Jakob Johansson berhasil merobek gawang Gli Azzurri pada menit ke-61 pada pertandingan pertama yang digelar di Friends Arena, Jumat (10/11/17) waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Berawal dari Albin Ekdal yang mengalami cedera pada menit ke-57 dan harus ditarik keluar lapangan digantikan dengan Jakob Johansson. Baru empat menit berada di lapangan, ia tampil sebagai pemecah kebuntuan serangan Swedia.

Hal itu terjadi setelah lemparan ke dalam pada menit ke-61, Johansson langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima umpan sundulan dari Ola Toivonen.

© Getty Images
Jakob Johansson mencetak gol ke gawang Buffon. Copyright: Getty ImagesJakob Johansson mencetak gol ke gawang Buffon.

Tembakannya berbelok arah karena mengenai badan Daniele De Rossi sehingga kiper Italia, Gianluigi Buffon mati langkah dan tak sanggup mencegah bola masuk ke dalam gawangnya. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Swedia.

Menanggapi hal tersebut, Johansson dianggap pahlawan oleh beberapa kalangan, karena berhasil mencetak satu-satunya gol dan membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2018 mendatang.

Untuk diketahui, Johansson memiliki nama lengkap Jakob Valdemar Olsson Johansson, ia lahir pada 21 Juni 1990, dan kini telah berusia 27 tahun. Johansson memiliki tinggi badan 188 cm dan berposisi sebagai gelandang bertahan.

Johansson saat ini membela klub asal Yunani, AEK Athens, dan memakai nomor punggung 18. Sejak awal membela AEK Athens, Johansson telah bermain sebanyak 96 kali dan telah mencetak 7 gol.

© fifa
Jakob Johansson (Swedia) Copyright: fifaJakob Johansson (Swedia)

Lalu, Johansson memulai debutnya bersama tim senior Swedia pada 2013. Sampai dengan saat ini Johansson baru mencetak 1 gol, namun, satu gol yang baru dicetaknya tersebut mampu membawa negaranya untuk berlaga di Piala Dunia 2018 di Rusia.

54