Starting XI Pemain U-23 Liga 1 yang Terlupakan

  • Hilangnya regulasi U-23 di Liga 1 tidak membuat para pemain muda ini kehilangan posisinya.
  • Beberapa di antaranya bahkan berhasil menjadi langganan starter, meskipun tidak banyak yang menyadarinya.
Selasa, 14 November 2017 15:01 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Agus Dwi Witono
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain Timnas U-23 Yang Terlupakan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain Timnas U-23 Yang Terlupakan.

Peran pemain muda pada kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 tidak hanya muncul sebagai darah segar. Namun, sekaligus untuk melengkapi regulasi yang berlaku di awal musim.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi membuat putusan mengejutkan sebelum Liga 1 berlangsung. Setiap kontestan Liga 1 diwajibkan untuk memiliki lima pemain di bawah usia 23 tahun. Tiga di antaranya harus turun sebagai starter dan minimal bermain selama 45 menit.

Memasuki paruh kedua, tepatnya pasca-SEA Games 2017, aturan tersebut dihapuskan. Jadi lah beberapa pemain muda yang kerap tampil sejak menit awal, harus menerima kenyataan menjadi penghuni tetap bangku cadangan.

Namun, bagi mereka yang berkualitas, penghapusan aturan menurunkan pemain U-23 bukan menjadi suatu masalah besar. Berkat kualitas yang di atas rata-rata, mereka berhasil mengunci posisi starter di klub masing-masing.

Contohnya untuk 23 pemain U-23 yang berlaga untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 di SEA Games 2017 lalu. Mayoritas dari mereka tidak kehilangan tempatnya, meski aturan menurunkan U-23 dihilangkan.

Seperti yang terlihat di skuat Bhayangkara FC (BFC). Kampiun Liga 1 2017 ini bisa disebut sebagai tim yang paling banyak menurunkan pemain muda.

Sedikitnya, lima pemain U-23 BFC telah dipercaya tampil di atas 20 pertandingan. Sebut saja Awan Setho, Putu Gede, T.M. Ichsan, Ilham Udin Armaiyn, dan Dendi Sulistyawan yang menjadi kunci The Guardian merengkuh trofi juara. Kelima pemain tersebut masih berusia di bawah 23 tahun.

Di luar BFC, pemain-pemain muda seperti Rezaldi Hehanussa, Febri Hariyadi, hingga Septian David Maulana juga telah menjadi andalan di tim mereka. 

Selain nama-nama beken di atas, masih banyak pula pesepakbola muda yang juga memberikan kontribusi besar terhadap klubnya. Hanya saja, kurang terpantau karena tidak banyaknya publikasi terhadap mereka.

Untuk menjadi refleksi akhir kompetisi, INDOSPORT mencoba menyajikan secara ringan starting line up terbaik pemain U-23 yang terlupakan di musim ini. Berikut sajiannya kepada para pembaca setia.