3 Faktor yang Harus Dibenahi Persib agar Keluar dari Keterpurukan

Rabu, 15 November 2017 15:55 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Tiga faktor Persib Bandung yang harus dibenahi, salah satunya Manajer Persib, Umuh Muchtar. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Tiga faktor Persib Bandung yang harus dibenahi, salah satunya Manajer Persib, Umuh Muchtar.

Di awal musim, Persib Bandung menjadi salah satu klub yang digadang-gadang bakal menjadi juara Liga  1. Materi pemain bintang hingga dukungan penuh banyak sponsor semakin menegaskan citra Persib sebagai klub mapan dan besar di Tanah Air.

Namun kenyataannya, Persib justru tak mampu tampil seperti harapan banyak pihak, terutama para pendukung setianya. Persib di akhir musim hanya mampu finis di peringkat 10 klasemen, jauh dari ekspektasi awal keluar sebagai juara.

Kehadiran pemain bintang, seperti mantan pemain Chelsea, Michael Essien, nyatanya tak mampu menjadi jaminan Persib akan bersinar. Bahkan dalam beberapa laga Persib kesulitan meraih kemenangan, di pertandingan penutup mereka pun harus menyerah di tangan Perseru Serui 0-2.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSkuat Persib Bandung.

Hal tersebut memicu emosi para Bobotoh, pendukung setia Maung Bandung yang bahkan sempat menimpuki bus yang ditumpangi penggawa dan official Persib. Lantas bagaimana kans Persib untuk menjadi juara di musim depan?

Jika kehadiran pemain bintang tak mampu mendongkrak penampilan Pangeran Biru, maka beberapa faktor tentu harus menjadi evaluasi tim manajemen Persib. Skuat yang disebut-sebut menakutkan ternyata melempem musim ini di Liga 1.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa faktor yang harus diperbaiki Persib musim depan jika mereka ingin keluar sebagai juara.