Akhirnya! La Liga Terapkan Teknologi VAR Musim Depan

Kamis, 16 November 2017 17:45 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
© Google
Wasit sedang menggunakan VAR di pertandingan. Copyright: © Google
Wasit sedang menggunakan VAR di pertandingan.

La Liga dikabarkan akan menggunakan Teknologi Video Asisten Wasit (VAR) pada musim 2018/19 mendatang. Hal itu dibenarkan langsung oleh pihak Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Presiden La Liga Javier Tebas mengklaim bahwa VAR pasti akan diperkenalkan pada musim depan. Karena, La Liga harus melakukan pengujian terhadap sistem VAR lebih dulu.

Presiden Komite Wasit, Victoriano Sanchez Aminio juga mengonfirmasikan semua wasit dan asisten wasit di La Liga akan mengimplementasikan VAR pada musim depan. Hal itu dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB).

Dengan begitu, Spanyol menjadi negara ketiga, setelah Jerman dan Italia, yang menggunakan sistem VAR di kompetisinya. Hal itu dilakukan agar sepakbola Spanyol terhindar dari keputusan kontroversial.

Karena, kehadiran VAR tentu akan meminimalisir adanya kecurangan dan keputusan yang merugikan satu pihak. Secara teoritis, penggunaan VAR akan meningkatkan peluang wasit untuk mendapatkan keputusan yang benar.

410