Akibat Kanker, Pesepakbola China Ini Berlaga dengan Satu Kaki

Jumat, 17 November 2017 21:27 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
He Yiyi. Copyright: © Getty Images
He Yiyi.

He Yiyi adalah seorang pemain sepakbola asal China yang kehilangan salah satu kakinya saat masih kecil. Kala itu, He Yiyi menderita kanker sehingga dokter harus mengamputasi kaki kirinya. Pemuda berusia 21 tahun tersebut nampaknya tak melihat hal itu sebagai sebuah kekurangan yang harus ia sesali. Hal tersebut terbukti dengan penampilannya berlaga sepakbola hanya dengan menggunakan kaki kanannya. 

Dirinya menggunakan dua tongkat untuk membantunya bergerak. Bukannya menyulitkan, justru He Yiyi mampu bergerak dengan lincah, bahkan mencetak gol ke gawang.

Dengan kemampuannya memanfaatkan keterbatasannya yang ada tersebut, ia bahkan sampai dijuluki  oleh banyak orang dengan sebutan "Angel with Broken Wings", "Ball King with One Leg", dan juga "Magic Boy".

Dilansir Times of India, He Yiyi sempat mengungkapkan kejadian kurang menyenangkan terhadap dirinya, terlebih lagi ketika ia ditolak bermain di sebuah liga amatir di China. 

"Saya tidak menyakiti pemain lain, dan saya pernah bertengkar dengan mereka (panitia)," ungkapnya. "Laga amatir untuk semua orang yang ingin bergabung. Mengapa orang lain boleh melakukannya, tapi tidak dengan saya? tidak boleh begitu."

Sebelum menderita kanker, pada 2008 lalu dirinya sempat memiliki kesempatan untuk bermain di sebuah klub profesional di Prancis. Namun penyakit tersebut seketika mengubah seluruh hidupnya begitu saja. 

© INDOSPORT
He Yiyi. Copyright: INDOSPORTHe Yiyi.

Namun nyatanya, dengan kondisi yang seperti itu, He Yiyi tetap tak putus asa dan terus berusaha untuk mewujudkan mimpinya bermain sepakbola di sebuah liga. Keterbatasannya tak menjadi halangan sama sekali untuk menghambat mimpinya itu. 

"Kamu hanya perlu menerapkan perilaku positif dalam menjalani hidup. Jangan mengurung dirimu di dalam rumah. Hanya kamu yang mampu menyelamatkan diri kamu sendiri. Lebih baik kan kalau kita memberikan senyuman pada diri orang lain," katanya lagi.

1.2K