Andai Sylvano Comvalius Datang, Siapakah Pemain Persib yang Bakal Tersingkir?

  • Persib Bandung dikabarkan berminat untuk merekrut pencetak gol terbanyak Liga 1 musim lalu, Sylvano Comvalius.
  • Andai Comvalius gabung, siapa nantinya yang akan tersisih di Persib?
Sabtu, 18 November 2017 12:57 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Joko Sedayu
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi Sylvano Comvalius mengenakan jersey Persib Bandung. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi Sylvano Comvalius mengenakan jersey Persib Bandung.

Sylvano Comvalius merupakan top skor Liga 1 musim 2017 dengan mengemas 37 gol. Berkat torehan moncernya tersebut, ia mengantarkan klubnya menjadi penantang gelar namun pada akhirnya harus puas mengakhiri musim di peringkat dua klasemen di bawah Bhayangkara FC.

Banyak klub yang tertarik menggunakan jasanya musim depan, baik dari klub lokal maupun klub luar. Adapun klub dari Indonesia yang disebut tertarik memboyong Comvalius adalah Persib Bandung.

Persib Bandung memang tengah mengalami kemerosotan di Liga 1 2017. Salah satu yang menjadi sorotan adalah lini serang Maung Bandung yang dinilai kurang tajam.

Momen Sylvano Comvalius cetak gol ke gawang Mitra Kukar. Copyright: Rudi Khaizan/INDOSPORTMomen Sylvano Comvalius cetak gol ke gawang Mitra Kukar.

Hal tersebut membuat Persib mulai melakukan pendekatan kepada sejumlah pemain, salah satun pemain yang diinginkan adalah Sylvano Comvalius.

Satu dilema yang bisa muncul karena kedatangan Comvalius atau penyerang anyar lainnya soal pemilihan pemain yang bakal dilepas Persib di bursa transfer nanti. Saat ini Persib memang sudah memiliki sejumlah penyerang murni.

Dengan kebiasaan Maung Bandung menggunakan pola 4-3-3 di Liga 1, praktis hanya ada satu slot yang bisa diperebutkan striker-striker lainnya. Lalu siapa saja pemain yang akan berebut tempat dengan Comvalius dan bagaimana peluang mereka?  

Ezechiel N'Douassel 

Striker Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel. Copyright: IstimewaStriker Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel.

Didatangkan Persib pada paruh kedua Liga 1, kontibusi Ezechiel terbilang cukup besar. Sumbangan empat gol dan empat umpan berujung gol dalam 14 laga yang dilakoni, pun membuat dirinya menjadi salah seorang pemain paling produktif di Persib saat ini.

Dalam produktivitas gol, penyerang Timnas Chad itu masih kalah dengan Raphael Maitimo yang mencetak sembilan gol dari 28 laga. Walaupun demikian, sebagai striker murni  penampilannya cukup menawan dalam hal memberi umpan berujung gol. Kemungkinan besar ia akan terus dipertahankan manajemen Persib untuk musim depan.

Angga Febryanto Putra

Penyerang muda Persib, Angga Febryanto Putra. Copyright: Persib.co.idPenyerang muda Persib, Angga Febryanto Putra.

Dengan posisi sebagai penyerang murni, Angga yang masih berusia 22 tahun itu memiliki peluang yang paling berat untuk mendapatkan tempat di tim inti Persib. 

Apalagi Angga hanya tampil di dua pertandingan di Liga 1 tanpa mencetak satu gol pun. Bahkan produktivitasnya masih kalah dengan Billy Keraf. Pemain 20 tahun itu sudah mencetak lima gol serta satu assist di 23 pertandingan bersama Maung Bandung.

Sergio van Dijk

Sergio van Dijk (Persib Bandung). Copyright: Muhammad Ginanjar/Indosport.comSergio van Dijk (Persib Bandung).

Pemain naturalisasi ini kemungkinan besar akan jadi tumbal kedatangan Comvalius. Dengan hadirnya Comvalius maupun penyerang anyar lainnya, semakin sulit bagi Van Dijk untuk menjadi starter.

Apalagi peforma Van Dijk akhir-akhir ini tengah menurun karena dibekap cedera anterior cruciate ligament (ACL). Striker berkepala plontos itu hanya bermain 3 laga di Liga 1 2017. 

Andai kontraknya tidak diperpanjang Persib, Van Dijk sendiri pernah mengungkapkan akan kembali berkiprah di Liga Thailand.