Liga Mahasiswa Pertandingkan Cabang Olahraga Terbaru

Sabtu, 18 November 2017 04:10 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© -
Logo LIMA Copyright: © -
Logo LIMA

Sejak dibentuk pada tahun 2012, Liga Mahasiswa (LIMA) terus melebarkan sayapnya dalam menggelar turnamen olahraga antar perguruan tinggi di Indonesia. Setelah memiliki 5 cabang yang dipertandingkan, kini LIMA mulai menambahkan nomor keenam.

Dikutip dari Antara, cabang sepakbola akan menjadi cabang keenam yang digelar LIMA, mengikuti lima cabang yang sudah dilaksanakan sebelumnya yaitu bulutangkis, renang, futsal, basket dan golf.

"Alasan mengapa LIMA membuka cabang sepakbola karena peminatnya tinggi. Selain itu, juga sepakbola merupakan olahraganya Indonesia”, ungkap Achmad Lanang, Management Consultant LIMA dalam rilisnya di Jakarta, Jumat.

Meski telah menjadi olahraga yang terpopuler di Indonesia, sepakbola belum seperti cabang lain yang digelar di beberapa conference (region). Sebagai cabang debutan, sepakbola baru digelar di Jakarta dengan tajuk LIMA Football: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta and Nusantara Conference 2017.

Azwar Mukhlis, selaku Manajer Departemen Kompetisi dan Pertandingan LIMA mengatakan bahwa antusias para peserta terhadap pembukaan cabor baru ini sangat baik.

“Ada peserta yang sudah menantikan sejak lama pelaksanaan cabang sepakbola. Begitu kami umumkan, mereka langsung mendaftar untuk ambil bagian,” tambahnya.

© -
Ilustrasi sepakbola. Copyright: -Ilustrasi sepakbola.

Untuk gelaran perdana ini, tujuh perguruan tinggi telah memastikan keikutsertaannya dalam kompetisi sepakbola antar mahasiswa ini. Ketujuh perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Trisakti (Usakti), Universitas Budi Luhur (UBL), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) serta Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Pertandingan tersebut akan dihelat pada 16 – 23 November 2017 di stadion UI, Depok. Peraturan yang diterapkan di kompetisi ini pun sama ketatnya dengan peraturan-peraturan pertandingan pada cabor LIMA lainnya.

“Di season 5 ini, kami berusaha menjaga konsistensi peraturan di LIMA, mulai dari verifikasi, kostum, dan peraturan di lapangan”, pungkas Azwar.

Ke tujuh kontestan LIMA Footbal: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta and Nusantara Conference 2017 ini akan bertanding dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. Mereka akan saling berhadapan di pertandingan yang digelar di UI ini.

83