Bintang Tottenham Asal Korsel Alami Kekerasan Rasial dari Fans West Ham

  • Son Heung-min telah mengalami kejadian kurang menyenangkan dari fans West Ham.
  • Bintang Tottenham itu ditanyai oleh seorang pria soal 'DVD' - sebuah ungkapan yang mengacu pada isu rasial.
  • Tindakan orang yang diidentifikasi sebagai pendukung West Ham tersebut dikecam oleh kedua klub Inggris itu.
Minggu, 19 November 2017 13:30 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Selebrasi Son Heung-min usai mencetak gol pertama di babak Grup H Liga Champions 2017/18. Copyright: © INDOSPORT
Selebrasi Son Heung-min usai mencetak gol pertama di babak Grup H Liga Champions 2017/18.

Pemain penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min telah mengalami kejadian kurang menyenangkan usai dirinya mengalami kekerasan rasial dari sejumlah pendukung West Ham ketika dirinya tengah dalam acara pemberian tanda tangan untuk fansnya. 

Dalam sebuah rekaman yang tersebar di media sosial Twitter, bintang sepakbola Korea Selatan tersebut ditanyai oleh seorang pria soal 'DVD' - sebuah ungkapan yang mengacu pada isu rasial, dimana pria Asia lebih baik menjual DVD murah ketimbang bermain sepakbola. 

Son Heung-min mencetak gol yang memastikan kemenangan Spurs atas Burnley. Copyright: Robbie Jay Barratt/Getty ImagesSon Heung-min mencetak gol yang memastikan kemenangan Spurs atas Burnley.

Son sendiri hanya menertawakan insiden tersebut dan pergi menjauh dari oknum-oknum tersebut. Namun, tindakan orang yang diidentifikasi sebagai pendukung West Ham tersebut dikecam oleh kedua klub Inggris itu, seperti dilansir BBC.

"Tindakan rasis sama sekali tidak dapat diterima, dan kami berharap orang tersebut segera mendapatkan penanganan dari pihak berwenang untuk mendapatkan tindakan hukum yang diperlukan," ungkap pihak Tottenham menanggapi aksi tersebut. 

Tak hanya Tottenham, West Ham sendiri juga mengeluarkan pernyataan soal sikap pendukung mereka. "West Ham United memiliki pendekatan tanpa toleransi terhadap segala bentuk diskriminasi dan tanpa mengecam tindakan individu dalam video ini."

West Ham pun menekankan bahwa siapa pun yang mengambil tindakan tidak sesuai dengan cara yang mewakili klub tersebutm diharapkan untuk segera menghubungi kontak resmi mereka, terlebih lagi untuk kasus diskriminasi maupun kekerasan. 

Harry Kane (kiri) melakukan selebrasi gol bersama Son Heung-Min. Copyright: INTERNETHarry Kane (kiri) melakukan selebrasi gol bersama Son Heung-Min.

Son sendiri mencatatkan rekor sebagai pemain Asia yang paling banyak mencetak gol di Liga Primer. Dalam laga melawan Crystal Palace beberapa waktu lalu, ia turut menyumbangkan gol yang membawa kemenangan bagi Tottenham.

Di sisi lain, Son Heung-min kemarin baru saja menelan kekalahan atas Arsenal saat bermain 15 menit membela Tottenham di Stadion Emirates pada Sabtu (18/11/2017) kemarin. Skuat asuhan Arsene Wenger itu berhasil menekuk Tottenham 2-0.

Tottenham sendiri kini bercokol di posisi keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan raihan 23 poin. Tertinggal dua poin dari Chelsea. Sedangkan Arsenal masih berada di posisi keenam dengan berhasil mengumpulkan 22 poin.