Cantik dan Berbahaya, Stadion di Islandia Dibangun di Kaki Gunung Berapi

  • Sebuah stadion cantik di Islandia seolah terasing dan pastinya jauh banget dari kemewahan serta kebisingan yang biasa ada di Liga Inggris.
  • Stadion ini dibangun di bawah kaki gunung berapi. Cantik dan berbahaya.
Minggu, 19 November 2017 22:54 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Marc Boal/Sport Vice
Lapangan Sepakbola di Islandia. Copyright: © Marc Boal/Sport Vice
Lapangan Sepakbola di Islandia.

Heimaey, menjadi markas besar klub sepakbola asal Islandia IBV Vestmannaeyjar, sebuah klub yang tidak memiliki mimpi untuk ke Liga Primer Inggris. Namun rasa terasing ini justru membuat tim tersebut memiliki pesona yang unik.

Tak banyak stadion di dunia yang memiliki daya tarik seperti Hasteinvollur. Terletak di kaki gunung berapi, bikin mantan pemain Liverpool David James betah bermain di liga utama Islandia.

Kepulauan Vestmannaeyjar terdiri dari 15 pulau yang ada di bagian selatan Islandia. Terdiri dari gugusan gunung berapi berjumlah sekitar 70-80 baik yang ada di atas hingga di bawah permukaan laut. Haimaey satu-satunya yang berpenghuni dengan populasi sekitar 4000-an orang. 

Tempat itu mendapat perhatian pada 1973 ketika Gunung Berapi Eldfell meledak dan menghancurkan ribuan tempat tinggal serta memaksa hampir seluruh penghuni pulau dievakuasi. Hanya beberapa bagian kecil petugas pemadam yang tinggal, bertarung untuk menyelamatkan pelabuhan dari aliran lahar panas.

Lapangan Sepakbola di Islandia. Copyright: Marc Boal/Sport ViceLapangan Sepakbola di Islandia.

Klub IBV Vestmannaeyjar sudah ada sejak 1903. Mereka memenangkan gelar juara Islandia di 3 waktu berbeda, 1979, 1997, dan 1998 hingga memenangkan Piala Islandia 4 kali. Namun pada tahun lalu, baik tim pria maupun wanitanya mengalami patah hati berjamaah. Bermain dengan jeda tak sampai sehari, tim wanita IBV dikalahkan Beridablik 1-3 dan tim pria IBV takluk dari Valur di Stadion Nasional di Kota Reykjavik.

Padahal, hampir sama dengan pendukung Persib dan Persija, pendukung IBV pun rela-rela keluar dari Haimaey demi melihat tim mereka menang. Namun apa daya, mereka balik ke rumah dengan perasaan kecewa.

Lapangan Sepakbola di Islandia. Copyright: Marc Boal/Sport ViceLapangan Sepakbola di Islandia.

Ya sudahlah, mau diapakan lagi. Toh, bola adalah pertandingan yang harus ada pemenangnya. Namun kini klub memiliki pelatih yang berkualitas serta punya metode latihan jelas. IBV juga memiliki fasilitas indoor lengkap yang ditujukan agar latihan tetap digelar meski musim dingin menghajar kepulauan tersebut. 

Stadion juga dibangun mengarah ke bukit dan dibuat formasi untuk menanggulangi lahar! Tak heran jika stadion dan IBV Vestmannaeyjar menjadi salah satu klub paling memesona di dunia. Gak salah juga kenapa David James bela-belain menghabiskan sisa karirnya di pulau ini.