Kalahkan Nike, Adidas Jadi Raja Apparel di Piala Dunia 2018

Minggu, 19 November 2017 09:31 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Lanjar Wiratri
© FIFA
Bola resmi Piala Dunia 2018. Copyright: © FIFA
Bola resmi Piala Dunia 2018.

Sebanyak 32 negara sudah memastikan diri lolos ke fase putaran final Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia. FIFA pun telah menjadwalkan tanggal pengundian drawing, yang akan dilakukan di salah satu bangunan bersejarah milik Rusia, kompleks Istana Kremlin yakni pada 1 Desember mendatang.

Dalam ajang yang digelar empat tahunan itu, peserta berapparel Adidas dan Nike paling banyak lolos ke putaran final. Namun, perusahaan apparel asal Jerman, Adidas sedikit lebih unggul daripada Nike. 

Adapun Adidas diwakili oleh 12 negara seperti Jerman, Argentina, Spanyol dan tuan rumah Rusia. Sedangkan, Nike diwakili 10 negara beberapa diantaranya adalah Brasil, Portugal, Inggris dan Prancis.

© Google
jersey jerman Copyright: Googlejersey jerman

Sementara itu, salah satu apparel mengalami penurunan yakni Puma. Pada Piala Dunia tahun depan, Puma hanya diwakili oleh dua negara. Turun drastis dari Piala Dunia 2014 lalu, yang meloloskan 8 negara dari apparel Puma.

Selain apparel dengan nama brand yang sudah mendunia, ada juga beberapa negara yang disponsori oleh apparel perusahaan "kecil", yakni Tunisia, Islandia dan Senegal.

Berikut daftar lengkap apparel peserta Piala Dunia 2018:

 

World Cup 2018 Kit Brands Adidas 12 Nike 10 Puma had 8 teams in Brazil 2014, now only 2 #Russia18 #WorldCup2018

A post shared by Classic Football Shirts (@classicfootballshirts) on

1K