Sosok Cantik di Balik Suara Indah yang Menggema di Stadion

  • Dalam setiap pertandingan kandang Timnas Indonesia, sering terdengar suara merdu yang menggema di stadion.
  • Suara itu adalah suara dari announcer. 
Minggu, 19 November 2017 13:14 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Abdurrahman.R/INDOSPORT
Monica Riza Copyright: © Abdurrahman.R/INDOSPORT
Monica Riza

Dalam setiap pertandingan sepakbola, sebelum pertandingan dimulai sudah menjadi tugas seorang announcer untuk mengumumkan daftar sususan pemain. Selain itu, announcer juga bertugas memandu penonton untuk berdiri saat lagu kebangsaan dikumandangkan. Dan tak lupa, mengumumkan pergantian pemain dan jumlah penonton ditengah pertandingan. 

Posisi announcer di laga Timnas sejak Piala Asia 2007 kerap dijalankan oleh salah satu presenter kondang tanah air mendiang Ricky Johannes atau lebih akrab disapa Bung Ricky Jo. Kini setelah Bung Ricky Jo kembali kepangkuan yang Kuasa, posisi announcer di laga Timnas dipegang oleh seorang wanita cantik. Dia adalah Monica Riza. 

Monica Riza Copyright: Abdurrahman.R/INDOSPORTMonica Riza seusai pertandingan Timnas.

Monica Riza kini menjadi sosok dibalik suara indah saat pertandingan Timnas Indonesia. Kemahirannya dapat kita dengarkan saat Timnas Indonesia bertanding termasuk saat Timnas Indonesia melawan Suriah U-23, Sabtu (18/11/17). 

"Saya mulai menjadi announcer sejak tahun 2011, awalnya jadi presenter sepakbola di TV," ucap Monica kepada INDOSPORT, saat ditanya kapan memulai karier sebagai announcer

Sejak saat itu Monica menjadi langganan announcer laga Timnas. Tak hanya saat pertandingan di Jakarta, tapi juga diluar Jakarta. "Saya pernah ikut juga waktu Timnas Indonesia bertanding di Sleman, Solo, dan daerah lain," ujar Monica yang sehari-hari berprofesi sebagai dokter di RSUD Balaraja, Tangerang. 

Monica Riza Copyright: Abdurrahman.R/INDOSPORTMonica Riza di lapangan.

Kini sudah sekitar empat tahun Monica menjadi announcer di pertandingan Timnas Indonesia. Namun ia sempat vakum menjadi announcer saat PSSI mendapat sanksi FIFA. "Iya, waktu PSSI lagi dapet sanksi, jadinya kan gak ada pertandingan ya, jadi saya vakum jadi announcer," kata dokter cantik ini usai laga Timnas Indonesia kontra Suriah U-23.  

Monica mengaku awalnya tidak begitu menyukai sepakbola sebelum menjadi announcer. "Awalnya gak begitu suka sepakbola ya, tapi karena tuntutan profesi jadi mulai belajar soal sepakbola. Nah, waktu lagi cari info soal sepakbola saya mulai jatuh cinta sama Barcelona waktu dilatih Pep Guardiola. Dan sampe sekarang saya menjagokan Barcelona," tutup wanita penyuka Nasi Goreng Pete ini.