Klub dan Timnas Luar yang Pakai Jersey Buatan Apparel Indonesia

  • Apparel lokal Indonesia justru sudah mendunia.
  • Sejumlah merek Indonesia menjadi penyuplai kostum untuk klub luar negeri, bahkan tim nasional.
Senin, 20 November 2017 15:51 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/MBB
Al Ittihad adalah klub asal Suriah yang mengenakan kostum buatan MBB. Copyright: © Instagram/MBB
Al Ittihad adalah klub asal Suriah yang mengenakan kostum buatan MBB.

Induk federasi sepakbola Tanah Air, PSSI, menandatangani sejumlah kerja sama dengan pihak swasta untuk membangun Timnas Indonesia. Salah satunya dengan apparel lokal asal Bogor bernama MBB. Perusahaan tersebut akan menjadi penyedia nameset pemain hingga suporter.

Namun untuk desain jersey Timnas sendiri, PSSI masih mengandalkan produk luar negeri. Tahun depan, Nike akan meluncurkan desain jersey terbaru akan perdana digunakan oleh Timnas senior yang berlaga di Piala AFF, kemudian Timnas U-23 di Asian Games, hingga Piala Asia oleh Timnas U-16 dan U-19.

Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Tercatat Indonesia belum sekalipun mengenakan produk lokal untuk kostumnya. Sejak 1996, Timnas Indonesia memakai jersey buatan merek luar negeri seperti Adidas, Diadora, dan Nike.

Padahal, produk-produk lokal sudah semakin bermunculan dan juga populer dipakai dalam ajang Liga 1 kemarin. Sejumah merek ini bahkan sudah unjuk gigi menjadi penyuplai kostum klub dan tim nasional dari negara lain. Berikut INDOSPORT rangkum sejumlah tim yang mengenakan jersey buatan Indonesia.