Liga 2

Selangkah Lagi ke Liga 1, Persebaya: Kami Semacam Timnas Mini

  • Persebaya Surabaya akan bertemu Martapura FC di semifinal Liga 2.
  • Pemain Persebaya saat ini berasal dari hampir semua daerah di Indonesia.
Senin, 20 November 2017 10:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© @officialpersebaya
Irfan Jaya (Persebaya Surabaya). Copyright: © @officialpersebaya
Irfan Jaya (Persebaya Surabaya).

Persebaya Surabaya sudah memastikan satu tiket ke babak semifinal Liga 2 2017, yang artinya mereka sudah selangkah lebih dekat untuk promosi dan naik kasta ke kompetisi teratas yakni Liga 1. Hal itu terjadi setelah tim Bajul Ijo memenangkan dua laga awal babak delapan besar Grup Y. 

Persebaya sejauh ini sudah mengantongi enam poin usai menang 1-0 atas PSPS Riau di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (18/11/17) dan menundukkan PSIS Semarang 1-0 pada 15 November lalu. Dengan demikian hasil akhir laga akhir melawan PS Mojokerto Putra tidak berpengaruh banyak pada tim asuhan Alfredo Vera.

Aksi selebrasi pemain Persebaya Surabaya. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTAksi selebrasi pemain Persebaya Surabaya.

Keberhasilan Persebaya sejauh ini juga didukung oleh tindakan tepat manajemen dan pelatih dalam merekrut pemain. Bahkan, manajemen menilai skuat Bajul Ijo saat ini ibaratnya Timnas mini Indonesia, lantaran berisi pemain-pemain terbaik dari seluruh pelosok negeri baik dari ujung Barat hingga Timur Indonesia.

"Sebetulnya dari dahulu Persebaya itu semacam Timnas mini, kita setiap generasi itu ada pemain dari Indonesia timur. Pemain dari daerah memang ingin main di Persebaya karena ada banyak faktor, boleh dibilang karena tim ini sarat histori," ucap Media Officer Persebaya, Rocky Maghbal saat disinggung pembelian terbaik di putaran kedua yakni Ricky Kayame dan Nerius Alom.

"Tahun ini sebetulnya tetap ada pemian lokal juga (Jawa Timur) separuh dari binaan internal klub, tetapi ada juga yang dari Ambon, Sorong yang besarnya di akademi, kecuali Kayame dan Along. Sekarang kondisinya lebih kental nusantaranya, dari Aceh ada 2 orang, Palembang, Jawa Barat, Banten, Makassar, dan lainnya," imbuhnya ke INDOSPORT.

Melihat dari skuat yang ada saat ini, memang tak bisa dipungkiri kalau Persebaya berpeluang besar untuk promosi ke Liga 1 musim depan. Keberadaan pelatih Alfredo Vera juga menjadi alasan tersendiri mengapa Irfan Jaya dan kawan-kawan tampil konsisten. Pelatih asal Brasil itu merupakan sosok yang sukses mempersembahkan gelar Indonesian Soccer Championship (ISC) A musim 2016 sekaligus didapuk sebagai pelatih terbaik kala itu.

Skuat Persebaya Surabaya. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSkuat Persebaya Surabaya.

Sementara itu, di babak semifinal Liga 2 nanti, Persebaya akan berjumpa dengan Martapura FC yang keluar sebagai runner up Grup X. Kedua tim pernah satu tempat di penyisihan, tepatnya di Grup 5.

Dalam dua kali pertemuan di Grup 5 ketika itu, Martapura FC dan Persebaya saling mengalahkan. Alhasil pertemuan di semifinal nanti, bisa menjadi pembuktian siapa yang terbaik.