PSSI Pastikan Timnas Indonesia vs Guyana Sebagai Laga Resmi FIFA

Senin, 20 November 2017 21:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Agus Dwi Witono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Suriah U-23 (Boaz Solossa, Ilija Spasojevic, dan Osvaldo Haay). Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Suriah U-23 (Boaz Solossa, Ilija Spasojevic, dan Osvaldo Haay). Herry Ibrahim/INDOSPORT

Laga uji coba internasional antara Timnas Indonesia melawan Guyana dipastikan sudah masuk agenda resmi FIFA. Artinya akan ada perolehan poin yang tercatat di FIFA pascabentrok dua negara beda benua itu. Hal itu sudah disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria saat ditemui di kantor PSSI, Senin (20/11/17).

Menurut Ratu Tisha, laga Indonesia vs Guyana yang berlangsung pada 25 November nanti di Stadion Patriot, Bekasi berstatus level A. Nantinya hasil akhir pertandingan berserta semua tetek bengeknya akan dilaporkan ke FIFA agar nantinya dikalkulasikan untuk penghitungan poin dan ranking dunia.

"Iya status laga lawan Guyana itu kita pastikan A Match artinya terdaftar di FIFA dan berpengaruh di pendapatan poin yang turut berimbas ke ranking FIFA," tutur Ratu Tisha. 

© FIFA
Laga Indonesia vs Guyana sudah terdaftar resmi di FIFA. Copyright: FIFALaga Indonesia vs Guyana sudah terdaftar resmi di FIFA.

Tak hanya itu, FIFA sendiri sudah mengkonfirmasi melalui situs resminya kalau laga Indonesia vs Guyana tercatat dalam agenda mereka. Akan tetapi ada sedikit perbedaan waktu dan venue pertandingan. FIFA mencatat laga digelar pukul 21:30 WIB di Stadion Wibawa Mukti, sedangkan PSSI sudah memajukan jadwal ke pukul 18:00 WIB di Stadion Patriot. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia saat mengheningkan cipta. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain Timnas Indonesia saat mengheningkan cipta. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Hal itu wajar terjadi karena kemungkinan besar ada sedikit miskomunikasi di antara dua institusi tersebut.

Baik Indonesia maupun Guyana saat ini berada di ranking FIFA yang sama yakni diposisi 165 dunia. Kemenangan menjadi hal wajib lantaran akan berimbas pada perolehan poin dan posisi mereka. 

Laga nanti menarik disimak, karena Timnas Indonesia akan menurunkan skuat U-23 ditambah satu senior yaitu Ilija Spasojevic. Pelatih Luis Milla memang menginginkan hal itu sebagai persiapan menuju ajang Asian Games 2018.

3.4K