Terungkap, Ambisi Pep Guardiola Bawa Man City Jadi 'Barcelona' Baru

Selasa, 21 November 2017 16:12 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Getty Images
Pep Guardiola Copyright: © Getty Images
Pep Guardiola

Legenda sepakbola Brasil, Ronaldinho mengungkapkan bahwa Pep Guardiola nampaknya akan membawa Manchester City menjadi seperti klub Barcelona, melihat bagaimana ia menerapkan sistem pelatihannya di Etihad. 

Perspektif legenda Camp Nou tersebut menjadi sebuah peringatan tersendiri, tidak hanya bagi klub-klub di Liga Primer Inggris, namun juga seluruh klub di Eropa, merujuk pada performa gemilang yang dihasilkan oleh City sepanjang musim ini. City sendiri tercatat telah memenangkan empat laga sekaligus di Eropa, menaklukkan grup tersulit di Liga Champions. Mereka pun lolos ke babak selanjutnya dengan dua laga tersisa.

© FCBarcelona
Ronaldinho Copyright: FCBarcelonaRonaldinho

Guardiola sendiri tampil lebih meyakinkan usai musim pertamanya, dan kini nampaknya akan lebih melempar fokus untuk membawa skuat asuhannya pada gaya permainan yang condong dengan ciri khas bekas pelatih Barcelona tersebut.

Membawa City menjadi tim sepakbola terbesar yang pernah ada adalah hal yang pertama kali kembali terlihat usai Guardiola melakukan hal serupa pada klub raksasa La Liga Spanyol Barcelona dulu. Dilansir Mirror, Ronaldinho sendiri percaya bahwa Guardiola akan membawa hal yang sama seperti Barcelona pada Manchester City. 

"Sebagai pemain, dia telah bermain dengan pikiran yang sangat teknis, jadi dia bermain sebagai pelatih, berpikir tentang segalanya seperti seorang pelatih. Sehingga dia punya pengetahuan yang mendalam soal sepakbola," ungkap Ronaldinho. 

Ronaldinho pun melihat, ke klub manapun Guardiola pergi, dia memiliki pemahaman yang lebih tinggi dari kebanyakan pelatih normal lainnya. "Dia memiliki pemahaman atas perasaannya di atas lapangan," kata pemain yang pernah membela AC Milan tersebut. 

© Twitter Squawka News.
Selebrasi pemain Manchester City. Copyright: Twitter Squawka News.Selebrasi pemain Manchester City.

Skuat asuhan Guardiola memainkan sejumlah laga gemilang di tingkat Eropa serta mampu meraih kemenangan atas Leicester City pada Sabtu lalu. Kini mereka unggul delapan poin dari rival terketat mereka saat di Liga Primer, Manchester United. 

Di sisi lain, Manchester City akan kembali menjalani laga lanjutan Liga Champions melawan Feyenoord pada Rabu (22/11/2017) ini. City sendiri kini menjadi pemuncak klasemen grup F dengan raihan 12 poin usai menjalani sejumlah laga terakhirnya. 

348