LIGA 1

Dapat Sanksi dari Komdis PSSI, Ini Profesi Baru Umuh Muchtar Musim Depan

  • Umuh Muchtar akan menjalani hukuman larangan berkecimpung di sepakbola Tanah Air selama enam bulan.
  • Selama menjalani hukuman tersebut, ini profesi baru yang akan dilakukan oleh Umuh.
Selasa, 21 November 2017 16:35 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar telah resmi disanksi oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, selama enam bulan larangan berkecimpung di dunia sepakbola tanah air, setara denda Rp50 juta.

Alasannya karena Umuh dianggap menjadi sosok yang paling bertanggung jawab atas terhentinya pertandingan antara Persija melawan Persib di Stadion Manahan, Solo, 3 November 2017. Manajer berusia 69 tahun itu juga enggan mengajukan banding kepada Komdis atas vonis tersebut.

Menyikapi sanksi tersebut, Wak Haji sapaan karib Umuh Muchtar, memutuskan untuk menjadi pengamat Persib Bandung sepanjang dirinya menjalani hukuman.

"Saya sedang dihukum, dan saya tidak akan mengajukan banding, lebih baik begini saja dulu. Bobotoh juga memang ingin saya berhenti, ya sudah alhamdulillah," kata Umuh, pada Senin (20/11/17).

"Saya jadi pengamat saja sekarang. Tapi saya akan berusaha agar Persib tetap bagus dan juara walau saya tidak ada di tim." tambahnya.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: Gita Agiet/INDOSPORTManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Umuh juga sempat menyatakannya keinginannya untuk mundur dari kursi manajer Maung Bandung, namun ia menyerahkan urusan tersebut kepada petinggi klub, dan tidak akan mencampuri urusan bursa transfer pemain dan pelatih.

"Harusnya saya sudah berhenti dan tidak berkomentar, soal pelatih juga saya tidak tahu. Yang saya tahu terakhir hanya Rahmad (Darmawan)," pungkasnya.