Liga 2

PSIS Semarang 1-1 PSPS Pekanbaru: PSIS Semakin Dekati Liga 1

Selasa, 21 November 2017 21:05 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/Indosport.com
PSIS Semarang vs PSPS Riau Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
PSIS Semarang vs PSPS Riau

Babak Pertama

Laga penentuan Grup Y antara PSIS Semarang menghadapi PSPS Pekanbaru, yang dimainkan di Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (21/11/17) malam. Sejak laga dimulai, tensi pertandingan langsung meninggi. 

PSIS sangat terlihat menguasai bola tapi gagal memanfaatkan sejumlah peluang di depan gawang PSPS. Pada menit ke-17, PSIS memiliki peluang emas lewat sepakan terarah Ahmad Agung. Namun sayang tendangan pemain berusia 21 tahun itu masih bisa digagalkan oleh kiper PSPS, Gianluca Claudio.

PSPS sendiri lebih sering mengandalkan serangan balik yang cepat pada paruh pertama. PSPS lebih sering melakukan serangan balik lewat sang playmaker, Herman Dzumafo.

© Arif Rahman/Indosport.com
PSIS Semarang vs PSPS Riau Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPSIS Semarang vs PSPS Riau

Tensi memanas saat Haudi Abdillah terjatuh di dalam kotak penalti PSIS akibat dorongan dari lawan dimenit ke-20. Kedua tim memang saling mencari gol untuk memastikan diri ke babak semifinal.

Pada menit ke-42, PSPS ternyata mampu membuka keunggulan lewat sepakan keras Wahyu Kristanto dari luar kotak penalti. Tidak ada gol yang terjadi hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, kedua tim khususnya PSIS terlihat meningkatkan tempo bermain guna mencari gol penyeimbang. Tidak butuh waktu lama, pada menit ke-50 PSIS mendapat peluang matang lewat Aldaier. Tapi sayang, lagi-lagi sepakan sang pemain masih bisa ditahan kiper PSPS.

Pelatih PSIS Subangkit kemudian membuat perubahan strategi dengan menarik Aldaier dimenit ke-65 dan memasukkan Erik Dwi Ermansyah.

Memasuki menit ke-70, PSIS terus menggempur lini pertahanan PSPS dengan kualitas serangan mereka. Di menit ke-71, Haudi Abdillah sukses menyambut tendangan bebas Taufik Hidayat dengan sundulan. Gol tersebut menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

PSIS masih mencari gol untuk mengamankan tiga poin, ketika pemain pengganti Andrid melakukan penetrasi ke pertahanan PSPS dimenit ke-79. Kedua tim terus mencari gol namun hingga peluit akhir berbunyi belum ada gol tercipta.

Kedua tim bermain imbang 1-1 dan membuat PSIS yang akan menemani Persebaya Surabaya ke babak semifinal. PSIS Semarang sudah ditunggu oleh PSMS Medan yang merupakan wakil dari Grup X.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Aji Bayu; Haudi Abdillah, Ali Khumaedi, Taufik Hidayat, Safrudin Tahar, Ahmad Agung, M. Yunus, Rifal Lastori, Hari Nur Yulianto, Majefat, Aldaier

PSPS Pekanbaru: Gianluca; Alfuad, Wahyu, Viktor Pae, Leo Guntara; Pangestu, Ichsan, Riki Dwi, Dzumafo, Frengky; Fiwi Dwipan

1K