Bukan Liburan, Ini yang Dilakukan Indra Sjafri Usai Dicopot dari Pelatih Timnas U-19

Rabu, 22 November 2017 17:24 WIB
Penulis: Yohanes Paulus Arianto Namang | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indra Sjafri. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indra Sjafri.

Indra Sjafri telah resmi dicopot dari kursi kepelatihan Tim Nasional Indonesia U-19 karena dianggap tak mampu memenuhi ekspektasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. 

Hal itu secara terbuka disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, dalam jumpa pers yang diadakan di kantor PSSI (21/11/17). 

© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Preskon pengumuman pencopotan Indra Sjafri dari pelatih Timnas U-19. Copyright: Wildan Hamdani/INDOSPORTPreskon pengumuman pencopotan Indra Sjafri dari pelatih Timnas U-19.

Dibebastugaskan dari tanggung jawab melatih pemain-pemain muda Timnas U-19, bukan berarti Indra Sjafri bebas dari kewajiban untuk memperbaiki wajah sepakbola tanah air. 

Tanggung jawab untuk melahirkan pemain-pemain muda berbakat seperti Evan Dimas dan Egy Maulana tetap melekat di pundak pelatih berusia 54 tahun itu. 

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTIndra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan.

Kepada INDOSPORT, pelatih kelahiran Batang Kapas itu mengatakan aktivitasnya setelah lengser adalah tetap mengurus sepakbola. 

"(Tak ada liburan) Saya banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan di Desember ini. Pekerjaan sepakbola", kata dia ketika dihubungi via pesan singkat (22/11/2017). 

"Alasan saya terima tawaran baru PSSI karena saya sayang dengan sepakbola Indonesia karenanya saya mau ambil pekerjaannya", ungkap Indra Sjafri. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indra Sjafri dan skuat Garuda Muda Indonesia. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndra Sjafri dan skuat Garuda Muda Indonesia.

"Kemarin habis evaluasi saya dikabarin soal ini dan kita sama-sama sepakat bagaimana membangun sepakbola Indonesia ke depan, dan karena saya konsen di pengembangan usia muda makanya saya ambil proyek itu", imbuhnya. 

Tentang proyek besar yang akan diemban oleh Indra Sjafri, meski tak secara eksplisit disampaikan, turut diafirmasi oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha melalui akun Instagram-nya. 

"Saatnya kita persiapkan football development untuk mengantarkan Indonesia menuju mimpi besar di Olimpiade 2024. Thanks Coach. Mari kita mulai pekerjaan yang lebih besar", tulisnya. 

143