Pecat Indra Sjafri, Kemenpora Minta PSSI Beri Alasan Tepat

Rabu, 22 November 2017 18:20 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Rizky Pratama Putra
© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Indra Sjafri dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19. Copyright: © Wildan Hamdani/INDOSPORT
Indra Sjafri dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19.

PSSI baru sajamengambil langkah tegas akan nasib Indra Sjafri. Pelatih asal Sumatera Barat ini dibebastugaskan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19 dan diberi jabatan baru sebagai expert talent scouting.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) angkat bicara terkait status Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19. Mereka pun menghormati keputusan PSSI untuk tidak memperpanjang kontrak Indra sebagai juru ramu Timnas Indonesia U-19, namun, Kemenpora juga mempertanyakan akan alasan kuat PSSI untuk tidak melanjutkan kontrak Indra Sjafri.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Imam Nahrawi dan Gatot S Dewabroto memanjatkan doa dalam acara halal bihalal. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTImam Nahrawi dan Gatot S Dewabroto memanjatkan doa dalam acara halal bihalal.

"Terkait soal itu (pemecatan Indra Sjafri) memang kami hormati keputusan PSSI. Tapi harapan kami PSSI punya alasan kuat kenapa Indra diberhentikan," ucap Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto.

Gatot menjelaskan bahwa torehan Indra dalam membesut Timnas Indonesia U-19 sudah cukup mumpuni. Setidaknya ada beberapa kesuksesan yang ditorehkan oleh mantan pelatih Bali United ini.

"Harusnya kita bisa melihat Indra Sjafri secara menyeluruh. Dia kan termasuk sukses di usia muda. Bahwasanya dinilai kurang berhasil, kita harus lihat sebab akibatnya," jelas Gatot.

© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Preskon pengumuman pencopotan Indra Sjafri dari pelatih Timnas U-19. Copyright: Wildan Hamdani/INDOSPORTPreskon pengumuman pencopotan Indra Sjafri dari pelatih Timnas U-19.

Sebab dengan diberhentikan Indra saat ini bukan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gesekan-gesekan lain. Namun Gatot kembali menegaskan bahwa apapun yang diambil PSSI dia tidak memiliki kepentingan apapun.

"PSSI kan sedang dalam sorotan, harusnya PSSI bisa cari momentum yang pas. Kalau keputusan menganti Indra menjadi lebih baik, oke fine, tapi kalau tidak pasti ada another turbulensi," tutup Gatot.

PSSI sendiri belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pengganti Indra Sjafri di Timnas U-19. Rencananya baru pada bulan Desember mendatang, calon pengganti tersebut akan diumumkan.

359