Jadi Tuan Rumah 7 Even Piala AFF, PSSI: Kami Tidak Tidur 25 Jam

Kamis, 23 November 2017 21:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria tengah mengadakan jumpa pers di Kantor PSSI. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria tengah mengadakan jumpa pers di Kantor PSSI.

Pada 2018 mendatang, pemerintah Indonesia dan juga federasi sepakbola Tanah Air, PSSI akan disibukkan dengan berbagai ajang sepakbola internasional. Bukan sebagai peserta, melainkan sebagai tuan rumah tujuh event AFF sekaligus sepanjang tahun.

Hal itu terjadi setelah komite kompetisi federasi sepakbola Asia Tenggara, AFF, menyetujui Indonesia untuk menggelar event mulai dari Piala AFF Futsal, AFF Futsal Klub, Piala AFF U-16 dan U-19, Piala AFF Women U-16 dan Senior, hingga Soccer Beach. Keadaan itu pun membuat PSSI harus bekerja keras mulai dari sekarang, hingga Sekjen PSSI, Ratu Tisha menyebut kalau pihaknya bahkan bekerja sampai 25 jam tanpa tidur.

© Istimewa
Trofi Piala AFF. Copyright: IstimewaPiala AFF. akan diadakan di Indonesia tahun depan.

"PSSI intinya kami siap terbang tinggi di tahun 2018. Ini menjadi pembuktian tiga hal di area organisasi, tim nasional dan organisasi. Untuk organisasi hal itu sekaligus menjelaskan kesiapan kita sebagai tuan tumah untuk tujuh event AFF dari mulai futsal, AFF women, beach soccer, U-16 dan U-19," tutur Ratu Tisha.

"Kita tidak akan tidur 25 jam di sini. Jadi saat ini PSSI dari awal kami bekerja keras dan sekarang sudah hadir beberapa konsultan dari luar untuk membantu kita dalam menyelengarakan event internasional ini," sambungnya.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pada tujuh event tersebut dinilai memberikan dampak positif dalam membangun sepakbola nasional terutama dari sektor perkembangan industri. 

"Kita memaksimalkan seluruh pecinta sepakbola ini bahwa akan ada pertandingan di 2018. Kita ingin momentum itu kita pakai. Kita ingin sepakbola di indonesia juga bisa menjadi event men-drive industri dan ini menjadi tantangan sendiri," ucap wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono.

© pssi.org
Edy Rahmayadi dan Joko Driyono. Copyright: pssi.orgEdy Rahmayadi dan Joko Driyono.

Selain tujuh event AFF tersebut, PSSI dan pemerintah juga akan menggelar ajang sepakbola di Asian Games 2018 dan juga Piala Asia U-19. Artinya pecinta sepakbola Tanah Air akan dimanjakan sepanjang tahun dengan banyaknya pertandingan baik pria maupun wanita, ditambah lagi satu agenda lain yang ditunggu-tunggu yakni Piala AFF (sepakbola senior) yang akan digelar dengan format baru yakni tandang kandang mulai tahun depan.

812