Komdis Putuskan Persib Bandung Kalah 0-3 dari Persija

Kamis, 23 November 2017 16:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Indosport.com
Persija Jakarta vs Persib Bandung Copyright: © Indosport.com
Persija Jakarta vs Persib Bandung

Persib Bandung akhirnya diputuskan kalah 0-3 darii Persija Jakarta terkait laga panas kedua tim pada 3 November lalu di Stadion Manahan, Solo. Hal itu diketahui berdasarkan rilis dari Komisi Disiplin PSSI, Kamis (23/11/17).

Dilansir dari laman resmi PSSI, keputusan dengan nomor surat 123/L1/SK/KD-PSSI/XI/2017 yang ditujukan ke Persib Bandung tertulis Maung Bandung kalah 0-3. Menurut penilaian Komdis PSSI, hukuman itu dijatuhkan karena Febri Hariyadi dan kolega dianggap menolak melanjutkan pertandingan.

Selain sanksi kalah 0-3, Persib Bandung juga diharuskan membayar denda yang tidak sedikit, dengan nominal mencapai Rp200 juta.

© Indosport.com
Persija Jakarta vs Persib Bandung Copyright: Indosport.comPersija Jakarta vs Persib Bandung

Dengan hasil keputusan terbaru ini, maka kemenangan Persija dengan skor 1-0 lewat gol Bruno Lopes pada 3 November lalu  tidak lagi dihitung. 

Meskipun demikian, posisi Persib Bandung maupun Persija di tabel klasemen sebenarnya tidak ada perubahan. Maung Bandung tetap di peringkat ke-13 dan Macan Kemayoran di posisi empat serta berpeluang main di kejuaraan Asia di musim depan.  

Saat dikonfirmasi oleh INDOSPORT, anggota Komdis PSSI, Dwi Iriyanto, belum memberikan jawaban detail soal keputusan terkait perubahan hasil laga.

Di sisi lain, sebelum hukuman kali ini, Komdis PSSI sebenarnya telah memberikan sanksi kepada Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, berupa larangan beraktfitas di sepakbola selama 6 bulan dan juga denda Rp50 juta akibat kejadian di laga 3 November lalu. 

Dalam rilisnya, Umuh dianggap mengajak pemain Maung Bandung, julukan Persib, untuk tidak melanjutkan pertandingan. Alhasil, Persib dianggap mogok bertanding pada partai itu.

Berikut hasil sidang Komisi Disiplin 7 November 2017
Persib Bandung 123/L1/SK/KD-PSSI/XI/2017
Nama kompetisi: Liga 1 2017
Pertandingan: Persija Jakarta vs Persib Bandung
Tanggal kejadian: 3 November 2017
Jenis pelanggaran: Tim – Menolak melanjutkan pertandingan.
Hukuman: Sanksi kalah 0-3 dan denda Rp. 200.000.000
 

1.2K