Melesat di Rangking FIFA, Indonesia Kalahkan 5 Negara Eropa

Kamis, 23 November 2017 23:09 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Agus Dwi Witono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ekspresi wajah Ilija Spasojevic saat gagal mengamankan peluang. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ekspresi wajah Ilija Spasojevic saat gagal mengamankan peluang. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Federasi Sepakbola Seluruh Dunia (FIFA)  sudah merilis daftar ranking dunia untuk periode bulan November pada Kamis (23/11/17). Secara mengejutkan Indonesia mampu melesat 11 peringkat.

Pada Ranking FIFA yang dirilis per Oktober 2017 lalu, Indonesia hanya menempati peringkat ke-165 dengan 117 poin. Untuk periode November, Indonesia berada di posisi 154 dengan 144 poin.

Indonesia berhasil menggeser sejumlah negara, termasuk Guyana yang akan menjadi lawan uji coba Tim Garuda pada Sabtu (25/11/17) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia saat mengheningkan cipta. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas Indonesia sukses naik 11 peringkat di rangking FIFA

Kenaikan peringkat Indonesia ini memang terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, pada periode Oktober-November, Indonesia tidak memainkan pertandingan yang masuk kalender FIFA.

Di tingkat Asia Tenggara, Indonesia mengungguli Singapura yang menempati peringkat 170 dan Malaysia di peringkat 174.

© FIFA
Peringkat Kosovo, Malta, dan Liechtenstein di rangking FIFA per November 2017 Copyright: FIFAPeringkat Kosovo, Malta, dan Liechtenstein di rangking FIFA per November 2017

Tak hanya itu, peringkat Indonesia ternyata juga masih jauh lebih baik dari lima negara Eropa seperti Kosovo (174), Malta (181), Liechtenstein (187), San Marino (204), dan Gibraltar (206). 

© FIFA
Peringkat San Marino dan Gibraltar di rangking FIFA per November 2017 Copyright: FIFAPeringkat San Marino dan Gibraltar di rangking FIFA per November 2017

Jerman masih menempati posisi puncak dengan torehan 1.602 poin. Di bawah Der Panzer, Brasil masih mengamankan posisinya di peringkat kedua. Disusul Portugal yang juga tetap bertahan di posisi ketiga dalam daftar Ranking FIFA. 

8.5K