Catatan Buruk Rahmad Darmawan Selama Melatih di Indonesia

Jumat, 24 November 2017 15:49 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Rahmad Darmawan memang seorang pelatih yang memiliki segudang pengalaman melatih di berbagai klub besar Indonesia. Pelatih berusia 51 tahun itu berjaya sebagai pelatih saat melatih di Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC. Di kedua klub tersebut, pelatih yang akrab disapa RD itu mampu memberikan gelar Liga Indonesia untuk timnya pada musim 2005 dan 2008.

Pelatih yang mengawali karir kepelatihannya sebagai asisten pelatih di Persikota sejak tahun 1998 itu sudah pernah melatih banyak klub di Indonesia. Mulai dari Persipura, Persija Jakarta, Pelita Jaya, Arema hingga Persebaya Cronus. 

Terakhir, dia melatih klub asal Malaysia, T-Team yang mampu selamat dari jurang degradasi dan bertengger di urutan ke-9 klasemen akhir. Namun sangat disayangkan, pihak Kerajaan Terengganu membubarkan T-Team dengan alasan efisiensi biaya karena Terengganu FC I lolos ke Liga Primer Malaysia. 

Merasa tidak senang dengan keputusan Kerajaan Terengganu, Rahmad Darmawan pun memutus kontraknya dan kembali ke Indonesia. Berbagai klub besar dikaitkan dengan RD, dari Persib Bandung hingga Sriwijaya FC. Bahkan pada Jumat (24/11/17) pagi ini, Rahmad Darmawan sudah tiba di Palembang untuk sarapan bareng dengan manajemen SFC.

Terlepas dari kehebatan RD di berbagai klub yang pernah dilatih, sang pelatih ternyata tidak selalu mulus dalam karir kepelatihan. RD memiliki sejumlah catatan buruk ketika melatih di Indonesia, baik itu klub maupun Timnas Indonesia U-23.

Berikut INDOSPORT rangkum sejumlah catatan buruk RD selama melatih di Indonesia:

377