Liga Europa 2017/18

Kalah Telak dari Atalanta, Rooney Tetap Beri Dukungan untuk Caretaker Everton

Jumat, 24 November 2017 08:44 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Everton vs Atalanta. Copyright: © Getty Images
Everton vs Atalanta.

Everton harus mengalami keterpurukan yang begitu mendalam usai menelan kekalahan telak 1-5 dari Atalanta pada laga pekan kelima babak penyisihan Grup E Liga Europa 2017/18, Jumat (24/11/17) dini hari WIB.

Gol milik Joel Robles harus dirobek lima kali lewat brace dari Bryan Cristante, Andreas Cornelius, dan satu gol dari Robin Gosens. Sementara The Toffees hanya mampu memberikan satu angka saja lewat gol yang dicetak oleh Sandro Ramirez.

© INDOSPORT
Para pemain Atalanta melakukan selebrasi. Copyright: INDOSPORTPara pemain Atalanta melakukan selebrasi.

Kegagalan yang dirasakan Everton itu pun semakin membuat posisi mereka terpuruk di dasar klasemen sementara Grup E dengan hanya baru meraih satu poin, hasil dari satu hasil seri dan empat kekalahan. Hal ini pun memastikan mereka gagal melaju ke babak 32 besar.

Kenyataan pahit bagi kubu tim asal Liga Primer Inggris itu pun membuat beberapa pihak menilai sang caretaker, David Unsworth tidak bisa melanjutkan tongkat kepelatihan usai pihak klub mendepak Ronald Koeman pada Oktober kemarin.

Sebab, selama menjadi pembimbing tim, David hanya baru mampu menyumbangkan satu kemenangan saja, satu laga lain berakhir imbang, sementara empat laga diakhiri dengan kekalahan.

© -
David Unsworth gantikan posisi Koeman Copyright: -David Unsworth.

Namun, pasca kekalahan yang baru dialami di Goodison Park tersebut, sang kapten Wayne Rooney pun memberikan dukungan bagi David. Menurut mantan pemain Manchester United, kehadiran David sebagai seorang caretaker malah memberikan dampak positif, yang mana The Toffees bisa bermain lebih baik daripada sebelumnya.

"Jelas sudah terjadi perubahan manajer dan ini merupakan perubahan positif yang saya percaya dari segi penampilan, malam ini juga (waktu setempat). Anda bisa melihatnya di lapangan," ucapnya, dilansir dari Metro (23/11/17).

"Kami harus terus berusaha untuk mengambil poin di Liga Primer Inggris dan mencoba untuk menaikkan posisi di klasemen sementara," lanjut pria berusia 32 tahun tersebut.

Lebih lanjut, ketika Rooney ditanya apakah ingin mengakhiri ketidakstabilan manajerial di klub, dirinya menjelaskan bahwa segala keputusan di klub tentunya diputuskan oleh dewan. Baginya, kedatangan David sendiri tetap memberikan pengaruh positif bagi tim.

"Sejak David Unsworth datang, ada atmosfer baik di sekitar pemain, beberapa hasil positif, dan para pemain menikmati latihan sehari-hari. Jadi, dewan mempunyai keputusan yang dibuat dan saya yakin mereka sedang melakukannya."

© INDOSPORT
Wayne Rooney dalam laga kontra Atalanta. Copyright: INDOSPORTWayne Rooney dalam laga kontra Atalanta.