Mirip Persija vs Persib, Final Torabika Campus Cup Diwarnai Aksi Mogok

Jumat, 24 November 2017 02:34 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Agus Dwi Witono
© Indosport/Ian Setiawan
Torabika Campus Cup 2017 Copyright: © Indosport/Ian Setiawan
Torabika Campus Cup 2017

Drama menegangkan layaknya Persija Jakarta versus Persib Bandung, merembet ke level turnamen sepakbola mahasiswa. Final Torabika Campus Cup (TCC) 2017 yang berlangsung Kamis (23/11/17), juga berakhir drama dengan diwarnai aksi Walk-Out.

Laga puncak turnamen di kalangan mahasiswa itu semula berjalan sportif. Namun lantaran hujan terus mengguyur, permainan berubah menjadi keras lantaran kondisi lapangan di Stadion Cakrawala Universitas Negeri Malang, menjadi licin.

Puncaknya terjadi satu menit menuju peluit panjang. Tim Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, melakukan aksi mogok bertanding sebagai penolakan atas keputusan Bangil Saputra yang memberikan penalti kepada Universitas Muhamadiyah Malang (UMM).

Wasit asal Kota Batu itu pun akhirnya meniup peluit panjang setelah menunggu tim UPI selama 15 menit. Wakil Kota Bandung Itu akhirnya kalah WO dengan skor akhir menjadi 4-1 untuk kemenangan UMM, setelah dalam dua kali 35 menit bermain imbang 1-1.

"Ini contoh yang tidak baik dan merusak sepakbola Indonesia. Padahal kalau keputusannya wajar, kami tetap sportif melanjutkan pertandingan," ungkap Pelatih UPI Bandung, M. Randan seusai laga.

Tak pelak, aksi WO ini pun seakan mengingatkan publik sepakbola pada laga panas antara Persija vs Persib, awal November lalu. Ketika itu, Persib tidak melanjutkan pertandingan di menit 81, pascakeputusan wasit yang mengganjar Vladimir Vujovic dengan kartu merah.

© Malang Times
Haris Thofly, Ketua PSSI Ketua PSSI Asosiasi Kota Malang. Copyright: Malang TimesHaris Thofly, Ketua PSSI Ketua PSSI Asosiasi Kota Malang.

"Aksi WO ini tidak seharusnya terjadi dalam turnamen setingkat pembinaan usia muda seperti ini," kata Haris Thofly.

"Meski begitu, kami tetap memberi apresiasi tinggi kepada Torabika yang ikut mengembangkan sepakbola Indonesia. Kejadian ini akan menjadi evaluasi pada penyelenggaraan selanjutnya," imbuh Ketua PSSI Asosiasi Kota Malang tersebut.

Universitas Muhammadiyah Malang pun dinobatkan sebagai Juara TCC 2017, dan berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp20 juta. Sementara UPI Bandung berada di posisi kedua, disusul Universitas Negeri Malang setelah mengalahkan Universitas Negeri Padang di laga sebelumnya.

434