Sepakbola

Paradise Papers: Siapa Yang Mengendalikan Everton?

Jumat, 24 November 2017 06:29 WIB
Penulis: Yohanes Paulus Arianto Namang | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© BBC
Usmanov dan Moshiri, dua konglomerat yang mendaku pemilik sah Everton Copyright: © BBC
Usmanov dan Moshiri, dua konglomerat yang mendaku pemilik sah Everton

Kebocoran dokumen Paradise itu menimbulkan pertanyaan yang cukup mengguncang persepakbolaan Inggris: pertama, tentang siapa yang mengendalikan Everton FC dan, kedua, apakah perarturan Liga Primer telah cacat?

Kisah pengemplangan pajak yang melibatkan klub Everton itu bermula dari Farhad Moshiri, bos Arsenal, yang menjual sahamnya di Arsenal untuk membeli Everton nyaris mendekati 50%. 

© Internet
Everton dan Arsenal, dua klub yang sedang berada dalam masalah serius Copyright: InternetEverton dan Arsenal, dua klub yang sedang berada dalam skandal pengempalangan pajak

Namun, dokumen Paradise membocorkan bahwa saham asli yang dimilikinya di Arsenal merupakan "sumbangan" dari seorang pemodal kaya Alisher Usmanov, yang memiliki saham di Arsenal sebesar 30.4%. Fakta baru ini menimbulkan pertanyaan: apakah uang Usmanov yang sekarang berada di Everton? 

Farhad Moshiri dengan keras membantah bahwa uang tersebut merupakan pemberian dari Usmanov. 

Para pengacaranya turun tangan membela sang klien. Mereka menyebut tuduhan yang bersumber dari dokumen Paradise itu tanpa bukti dan seluruhnya salah. 

Mereka mengatakan Moshiri memang kaya dan atas inisiatifnya sendiri mendanai serta melakukan investasi di sektor sepakbola. 

Sementara itu pengacara Usmanov menyatakan terdapat sejumlah kesalahan di dalam tuduhan tersebut dan sejumlah investigasi yang mengganggu privasi Usmanov. 

122