La Liga Spanyol 2017/18

Gol Messi Tidak Disahkan, Pemain dan Pelatih Barcelona Protes Keras

Senin, 27 November 2017 08:59 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Para pemain Barcelona berselebrasi usai mencetak gol. Copyright: © Getty Images
Para pemain Barcelona berselebrasi usai mencetak gol.

Barcelona gagal meraih tiga poin tambahan usai hanya mampu mengakhiri laga kontra Valencia dengan skor 1-1 di laga pekan ke-13 La Liga Spanyol 2017/18, Senin (27/11/17) dini hari WIB. Bertamu ke markas tim berjuluk Los Che, Barca sempat ketinggalan terlebih dahulu lewat gol milik Rodrigo di menit 60 sebelum akhirnya mampu disamakan oleh Jordi Alba pada menit 82.

Sebenarnya, Blaugrana bisa meraih kemenangan seandainya gol Lionel Messi di menit 30 disahkan oleh wasit Ignacio Iglesias. Saat itu, bola terlihat jelas sudah melewati garis gawang. Hanya saja, sang pengadil lapangan menganggap gol itu tidak sah.

Pasca keputusan kontroversial itu, para pemain dan pelatih Barcelona pun secara kompak memberikan protes pada sang wasit.

"Semuanya melihat gol yang tidak disahkan itu. Kami melihatnya di video dan ini juga terjadi sebelumnya saat melawan Real Betis. Gol yang tidak disahkan itu sangat jelas. Teknologi video dibutuhkan," ucap Jordi Alba, dikutip dari Sportskeeda (27/11/17).

"Hal yang sama juga terjadi pada kami di musim lalu. Kami kalah di liga karena poin itu. Saya sedang berada di tengah lapangan dan bahkan bisa melihat bola sudah melewati garis," lanjutnya.

© INDOSPORT
Selebrasi Jordi Alba usai cetak gol. Copyright: INDOSPORTSelebrasi Jordi Alba usai cetak gol.

Kritikan juga diberikan oleh Sergio Busquets dan pelatih Ernesto Valverde. Mereka menganggap bahwa mereka layak dan pantas mendapatkan hasil lebih di laga itu menyusul hasil imbang yang diraih akibat keputusan kontroversial wasit.

"Kami tidak merasa sangat baik. Itu merupakan gol yang jelas tapi wasit dan asisten tidak melihatnya. Kami seri, tapi kami berhak mendapatkan lebih," ucap Busquets.

"Itu merupakan pertandingan yang baik. Kami senang bahwa kami tidak bergerak dari posisi di klasemen ke arah buruk. Kami memiliki banyak keberanian dalam pertandingan, kami ingin menang," Valverde menambahkan.

"Kami berada dalam kendali penuh di babak pertama dan gol kami tidak disahkan. Di babak kedua, Valencia menekan kami dan bergerak maju lebih jauh. Tujuan mereka menyakiti kami, jadi kami bergerak maju untuk menyerang lebih banyak."

"Gol yang tidak disahkan itu merusak kami dan itu adalah keputusan salah oleh asisten wasit," tutupnya.

© INDOSPORT
Valencia vs Barcelona. Copyright: INDOSPORTValencia vs Barcelona.

Sedikit informasi, usai laga berakhir imbang, Barcelona masih tetap kukuh di puncak klasemen sementara dengan raihan 35 poin. Sementara Valencia masih membuntuti di posisi kedua dengan hanya selisih empat poin saja.

570