LIGA 1

Jersey Essien Selalu Diincar Pemain Lawan

Senin, 27 November 2017 14:09 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Tradisi saling bertukar jersey ini tentu saja memiliki asal-usul yang tertulis dalam buku besar catatan sejarah dunia sepakbola. Menurut data yang ada, bertukar jersey dilakukan sebagai cendera mata pertama kali dilakukan pada laga Prancis kontra Inggris tahun 1931 silam. Semenjak itu, ritual ini terus dilakukan hingga kini.

Dari sekian banyak jersey yang ditukar bersama pemain lawan, ternyata jersey pemain Persib Bandung eks Chelsea ini yang paling banyak diincar tim lawan. Jersey bernomor punggung 5 milik Michael Essien-lah yang paling banyak diminati. 

Menengok pada data yang tertera di bagian equipment tim Maung Bandung, sepanjang gelaran kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 2017, sebanyak 48 jersey milik pemain asal Ghana itu diburu oleh pemain lawan.

Jumlah tersebut bahkan melebihi jumlah pertandingan Persib yang dibela Essien selama kompetisi musim ini bersama Maung Bandung. Sebagai catatan, dalam satu warna jersey tanding, Persib selalu membawa 2-3 set untuk tiap jenis jersey pada setiap laga yang dimainkannya.

M. Fahmi Al Ayyubi, bintang muda Persela Lamongan adalah salah satu pemain yang pernah bertukar jersey dengan Essien. Ia berhasil bertukar jersey saat timnya dijamu Maung Bandung pada pekan ke-14 Go-Jek Traveloka Liga 1, 12 Juli 2017 lalu.

Bahkan penyerang Laskar Joko Tingkir itu sampai mengunggah foto ke instagram miliknya @al_ayyubifahmi77. "Thankyou @iam_ess, alhamdulilah," tulis Fahmi sembari berpose memamerkan jersey Essien dalam postingan-nya tersebut.

 

Thankyou @iam_ess 😁✌️️👍 || alhamdulillah 🙏😇

A post shared by Fahmi Al Ayyubi 77 (@al_ayyubifahmi77) on

Untuk tempat kedua terbanyak diduduki oleh pemain asal Jepang, Shohei Matsunaga dengan 26 jersey. Sedangkan bek asal Montenegro, Vladimir Vujovic menjadi yang ketiga dengan jumlah 18 jersey.

634