6 Stadion Eropa Ini Dilengkapi Keindahan Fasilitas Masjid yang Bikin Betah I'tikaf

Selasa, 28 November 2017 08:12 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Berbicara sepakbola pasti akan mencakup tentang pembicaraan mengenai pemain, klub, negara, pelatih hingga wasit. Namun, di antara itu semua, ada satu sisi yang sering dilupakan pecinta bal-balan ketika berbicara soal olahraga si kulit bundar tersebut, yaitu stadion.

Soal stadion Eropa, pastinya tidak jauh-jauh dari masalah kemegahannya serta klub pemiliknya yang kaya luar biasa. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak lapangan hijau di sana sudah seperti bangunan dengan fasilitas bintang lima. 

Namun yang jadi pertanyaannya adalah apakah sudah ada stadion yang memiliki tempat ibadah untuk yang beragama Islam? Benua biru Eropa memang memiliki penduduk mayoritas non-Muslim. Karena itu, keberadaan masjid di sana bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan. 

© Thousand Wonders
Caption Copyright: Thousand WondersAllianz Arena.

Di Eropa, banyak stadion yang memiliki fasilitas lengkap sehingga membuat para penontonnya merasa nyaman. Namun, bisa dikatakan tidak banyak yang memiliki tempat ibadah masjid. Keberadaan masjid sendiri sangat penting bagi pemeluk agama Islam sebagai sarana untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu.

Meski begitu, ada beberapa stadion di Eropa yang menyediakan masjid di dalamnya. Bahkan, stadion itu merupakan markas dari klub-klub raksasa Eropa.

Dibangunnya masjid secara khusus di lingkungan stadion sepakbola selain diperuntukkan untuk memudahkan para pemain atau suporter yang beragama muslim juga adalah bentuk toleransi beragama yang ditunjukkan oleh sejumlah manajer klub.

Sebagian pemilik klub juga beranggapan bahwa sepakbola bisa dijadikan sebagai alat yang dapat menyatukan segala macam perbedaan termasuk perbedaan keyakinan dalam beragama. Lantas, stadion Eropa mana saja yang dilengkapi dengan fasilitas masjid?

Berikut INDOSPORT menyajikan 6 stadion klub Eropa yang menyediakan masjid di dalamnya.

3.4K