Tsunami Cup 2017

Indonesia 4-0 Brunei: Buah Tempur di Lapangan Berlumpur

Sabtu, 2 Desember 2017 23:39 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana.

Babak I

Indonesia langsung mendominasi sejak pertandingan dimulai. Terbukti dengan peluang yang didapatkan Ilija Spasojevic di menit kedua, sayang masih belum membuat Indonesia memimpin.

Hujan lebat yang turun di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, membuat lapangan sedikit tergenang. Permainan Indonesia yang mengandalkan bola-bola pendek sedikit terhambat.

Hal ini mampu dimanfaatkan oleh Brunei yang membuka peluang di menit ketujuh. Namun sepakan Faiz Farhan masih bisa dimentahkan oleh Andritany.

Spaso kembali membuat ancaman di lini belakang Brunei. Penetrasinya di menit ke-10 hanya berakhir dengan sepakan yang mengarah langsung ke kiper Brunei.

Gol yang dinanti Indonesia akhirnya tercipta pada menit ke-17 melalui Hansamu Yama. Bola liar hasil sepakan pojok mampu dimanfaatkan pemain Barito Putera ini untuk membuat Indonesia unggul.

Usai gol perdana, Indonesia semakin mendominasi jalannya laga. Alhasil Skuat Garuda mampu kembali mencetak gol di menit ke-25.

Kali ini giliran Septian David Maulana yang menjadi pencetak gol bagi Indonesia. Septian mampu melesakkan tendangan bebas keras yang tak terbendung kiper Brunei.

Febri Hariyadi nyaris saja mencetak gol ketiga Indonesia di babak pertama. Namun tendangannya di menit ke-40 mampu diselamatkan kiper Brunei.

Tidak ada lagi gol yang tercipta hingga akhir babak pertama. Indonesia untuk sementara unggul 2 gol saat jeda.

Babak II

Hujan membuat kondisi lapangan menjadi kian buruk di awal babak kedua. Sejumlah titik lapangan mulai tergenang air dan membuat jalannya laga menjadi sedikit terhambat.

Para pemain dari kedua kesebelasan nampak kesulitan untuk mengembangkan permainan. Pasalnya, air di lapangan membuat laju bola menjadi sedikit tersendat.

Meski demikian sejumlah peluang terjadi di babak kedua, seperti yang didapat dari Brunei di menit ke-59. Sundulan pemain Brunei ini masih tipis saja dari gawang Andritany.

Indonesia yang kesulitan mengembangkan permainan akhirnya bisa menambah gol di menit ke-69. Kali ini Fachruddin Aryanto yang mencetak gol ketiga untuk Skuat Garuda melalui sundulan kepalanya.

Unggul tiga gol belum membuat Indonesia mengendurkan permainan. Saddil Ramdani nyaris saja mencetak gol keempat Indonesia melalui sepakan yang akhirnya melambung tinggi.

Indonesia akhirnya benar-benar bisa mencetak gol keempat dua menit jelang waktu normal berakhir. Yabes Roni yang baru saja masuk di babak kedua sukses mencatatkan namanya untuk gol ini.

Gol tersebut menjadi yang terakhir dalam laga ini. Hingga wasit meniupkan peluit panjang, Indonesia dan Brunei sama-sama tak mampu lagi menciptakan gol.

4K