Piala Dunia 2018

Lucien Laurent, Si Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia

Sabtu, 2 Desember 2017 02:54 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Galih Prasetyo
© Indosport
Pemain bintang yang terancam absen Piala Dunia 2018. Copyright: © Indosport
Pemain bintang yang terancam absen Piala Dunia 2018.

Perhelatan akbar sepakbola Piala Dunia sudah berusia 86 tahun. Sejak digulirkan pada tahun 1930, lahir nama pemain hebat dan menjadi legenda hingga kini. Namanya santer di jagad raya karena mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol.

Daftar pemain penting yang telah mencetak gol di Piala Dunia dalam 86 tahun mudah ditebak. Pele, Maradona, Michel Platini, Johan Cryuff, Gerd Muller, dan Giuseppe Meazza adalah beberapa contohnya.

Anda sudah pasti mengenal nama tersebut dan selalui ditunggu penggemar pada saat Piala Dunia, nama-nama tersebut kerap muncul di media massa. Giuseppe Meazza bahkan abadi sebagai nama stadion di Italia.

Cerita lain datang dari pencetak gol pertama Piala Dunia tahun 1930. Ia adalah pemain dari Prancis, Lucien Laurent.

Laurent mencetak gol pertama dalam sejarah Piala Dunia ketika membantu Timnas Prancis menghempaskan Meksiko 4-1 di Estadio Pocitos, Montevideo, 13 Juli 1930. Kedua negara itu membuka laga perdana yang berlangsung di Uruguay.

© repro youtube
Pencetak gol pertama di Piala Dunia Lucien Laurent/Foto: repro youtube Copyright: repro youtubePencetak gol pertama di Piala Dunia Lucien Laurent/Foto: repro youtube

Nama Laurent terukir dalam buku sejarah Piala Dunia pada menit ke-19. Ia membobol kiper Meksiko, Oscar Bonfiglio dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari rekan setimnya, Ernest Liberati.

Laurent, satu-satunya legenda yang masih hidup ketika menyaksikan Timnas Prancis memenangkan Piala Dunia 1998. Namun ia wafat pada 22 April 2005 di Besancon.