Febri Hariyadi Bisa Merapat ke Manchester City, Ini Skemanya

Senin, 4 Desember 2017 21:18 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Bursa transfer pemain di liga Indonesia semakin memanas. Beberapa bintang muda berlabel Tim Nasional mulai hijrah ke luar negeri, sepeti Evan Dimas, Ilham Udin, dan Ryuji Utomo. Salah satu bintang muda lainnya yang tengah diincar banyak klub luar negeri adalah Febri Hariyadi.

Penampilan Febri bersama Persib Bandung selama dua musim terakhir ini memang terbilang memukau. Kelincahan dan skill individunya kerap mengundang decak kagum publik sepakbola Tanah Air.

Tak heran jika banyak klub Liga 1 dan luar negeri kepincut ingin merekrutnya. Bahkan, Febri berkesempatan bisa tembus ke kancah sepakbola Eropa.

Hal itu diungkap oleh rekan setimnya di Maung Bandung, Sergio Van Dijk. Menurutnya, kemampuan Febri berada di atas rata-rata pemain seusianya yang ada di Indonesia.

© Persib.co.id
Sergio van Dijk mengaku jatuh hati dengan minuman bandrek. Copyright: Persib.co.idSergio van Dijk mengaku jatuh hati dengan minuman bandrek.

Sergio yang pernah merumput di Liga Australia itu juga menyebut, kalau kemampuan yang dimiliki Febri cukup langka, dan jarang dimiliki oleh pemain lain di Eropa maupun Australia.

"Saya lihat semakin hari Febri semakin bagus penampilannya, ini jarang sekali saya temui pemain seperti dia. Di Eropa banyak tapi seperti Febri jarang sekali menemukannya," kata Sergio seperti dikutip dari Topskor.

Untuk itu, mantan top skor Liga Australia ini menyarankan kepada Bow sapaan karib Febri, selagi masih muda dan berada dalam usia emas, dia harus bisa mengembangkan kariernya ke level yang lebih tinggi. Pemain kelahiran 9 Februari 1996 itu bisa memilih, antara Indonesia, Eropa atau Australia untuk kariernya.

"Makanya saya sarankan dia kalau mau bermainlah di luar negeri, usianya masih muda sayang kalau tidak dikembangkan," tambahnya.

Skemanya agar bisa tembus Eropa adalah, Febri bisa bermain di Liga Australia terlebih dahulu, bergabung dengan Melbourne City. Sergio van Dijk pun bersedia merekomendasikannya. Hal ini wajar karena pemain naturalisasi itu lama berkarier di Australia, dan sudah pasti dia memiliki banyak kenalan dengan klub-klub A-League.

© Istimewa
Skuat Melbourne City. Copyright: IstimewaSkuat Melbourne City.

"saya berani merekomendasikan dia. Mau di Eropa, tapi tidak di Belanda, kalau mau di Melbourne City,” tutur pemain berkepala plontos itu.

Dipilihnya Melbourne City bukan tanpa alasan. Ini adalah jalur untuk Febri bisa tembus kancah Eropa, karena klub berjuluk City Blues itu adalah klub satelit dari raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City.

Terlebih, Melbourne City saat ini dilatih oleh mantan pelatih tim muda Manchester United, Warren Joyce yang dikenal kejeniusannya dalam memoles pemain muda. 

© melbournecityfc.com.au
Warren Joyce mantan pelatih tim reserves Manchester United. Copyright: melbournecityfc.com.auWarren Joyce mantan pelatih tim reserves Manchester United.

Saat masih di Setan Merah, Joyce kerap merekomendasikan pemain-pemain berbakat MU, yang akhirnya masuk tim utama dan menjadi bintang di Eropa, seperti Jesse Lingard, Danny Welbeck, Paul Pogba dan masih banyak pemain lainnya.

"Saya berani jamin, Febri akan pasti diterima di Melbourne City dan pasti akan terbidik Manchester City kalau kita berdasarkan teknik bermain bolanya,” pungkasnya.

7.3K